via LiTTwebsite

Samsung punya divisi chip yang mereka namai Exynos, sedangkan Huawei punya Kirin, lalu ada Xiaomi yang juga punya chip Surge S (walaupun sudah gagal dan kini fokus dalam pengembangan ISP). Intinya, sudah banyak OEM ponsel yang mencoba meracik chipset milik mereka sendiri dan yang paling terbaru adalah Google, dimana beberapa waktu lalu mereka baru saja mengumumkan chip Tensor yang disematkan pada perangkat Pixel 6 series.

Nah, ngomongin soal chipset, saat ini ada satu brand yang tengah “panas” dan dilaporkan bakal meracik chipset milik mereka sendiri dalam waktu dekat dan brand tersebut adalah Oppo!

Yup, berdasarkan informasi dari Nikkei Asia, Oppo dilaporkan telah mulai mengerjakan chip ponsel kelas atas untuk smartphone premiumnya. Hal ini dikarenakan Oppo ingin kontrol lebih besar dan mengurangi ketergantungan pada produsen semikonduktor lainnya seperti Qualcomm dan MediaTek.

Kalau informasi ini benar, kemungkinan besar Oppo baru akan memperkenalkan chip tersebut pada tahun 2023 atau 2024 ketika TMSC sudah mulai merakit chipset dengan fabrikasi 3nm. Namun, tak sedikit yang meragukan kalau nantinya chipset milik Oppo cuma sampai tahap prototipe atau tidak dipasarkan sama sekali.

So, untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama beberapa waktu ke depan.

via Nikkei Asia

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.