Qualcomm diam-diam merilis beberapa varian chipset baru, tapi chipset baru yang dirilis oleh Qualcomm bukanlah kelas flagship melainkan untuk kelas midranger. Ada 4 buah chip yang diresmikan, diantaranya adalah Snapdragon 778G Plus, 480 Plus, 695 dan 680.

Buat kamu yang penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

Snapdragon 778G Plus

Qualcomm mengatakan bahwa Snapdragon 778G Plus akan memberikan peningkatan kinerja dibagian CPU dan GPU tetapi tidak membahas detail perubahannya secara spesifik. Namun, jika kita lihat dari halaman spesifikasi yang dipajang oleh Qualcommm, chip ini memiliki CPU dengan clockspeed @2.5GHz (pendahulunya cuma 2.4GHz). Jadi bisa dikatakan bahwa peningkatannya cukup ringan sehingga kamu tidak akan benar-benar melihat perbedaan di keduanya.

Snapdragon 480 Plus

Sama halnya dengna seri Snapdragon 778G Plus, chipset ini juga punya satu peningkatan penting dan itu adalah peningkatan kecepatan clockspeed @200MHz untuk CPU. Jika yang sebelumnya cuma mentok di angka 2GHz, maka pada Snapdragon 480 Plus meningkat menjadi 2.2GHz. Selain itu, terdapat satu peningkatan lain dari segi koneksi dimana chipset ini dilaporkan sudah menggunakan koneksi Bluetooth 5.2.

Snapdragon 695

Jika kedua chip di atas punya spesifikasi yang mirip, beda halnya dengan Snapdragon 695. Selain mendapatkan peningkatan pada kecepatan clock CPU dari 2GHz ke 2.2GHz, chipset ini juga mendapat penggantian GPU, dimana pada pendahulunya menggunakan Adreno 619L kini diganti dengan Adreno 619. Dengan peningkatan tersebut, Qualcomm mengklaim bahwa terdapat peningkatan performa di CPU sebanyak 15% dan peningkatan GPU sebesar 30%.

Gak cuma itu saja, chip ini juga hadir dengan ISP yang berbeda, dimana sudah mendukung pengambilan foto hingga 108MP, atau bisa juga dengan konfigurasi tiga kamera yang masing-masing 13MP, atau knfigurasi dua kamera utama ganda 25MP+13MP, dan slow-mo 120fps/720p.

Snapdragon 680

Kalau ketiga chip di atas merupakan chip 5G, maka seri Snapdragon 680 merupakan chip untuk smartphone 4G. Berdasarkan keterangan yang disampaikan langsung oleh Qualcomm, chip ini punya spesifikasi yang sama persis dengan Snapdragon 665. Hanya saja, kecepatan clock CPU dari chip ini lebih kencang yakni berada 2.4GHz, sedangkan Snapdragon 665 cuma mentok di 2 GHz.

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.