Signal mungkin adalah pilihat terbaik yang tersedia untuk para pengguna Android yang menginginkan aplikasi perpesanan pribadi yang aman. Sejak awal 2021, aplikasi ini telah meningkatkan basis penggunanya secara substansial dan mencapai total download 50 juta kali di Play Store pada awal tahun ini. Meskipun bersifat pribadi dan aman, pengguna masih mendapatkan pesan spam yang sangat mengganggu dan menjengkelkan. Pada update Signal kali ini, Signal telah berupaya untuk melawan spammer dengan membuat beberapa modifikasi pada permintaan pesan dan penanganan tautannya.

Baca Juga:

Fitur Baru yang Hadir di Signal

Dengan peningkatan besar dalam pengguna, tentu Signal sangat menarik bagi para scammer. Platform perpesanan yang lain lebih mengandalkan pemeriksaan konten percakapan teks biasa atau analisis grafik sosial untuk menentukan spam, akan tetap karena Signal tidak memiliki akses ke data atau metadata pengguna.

Signal telah menemukan cara lain untuk memperkuat perlindungannya dari spammer. Untuk mencapai ini, ia akan menggunakan server pribadi untuk mendeteksi spam campaign sehingga dapat menghentikan hal ini agar tidak sampai ke pengguna mana pun. Signal pertama kali memperkenalkan permintaan pesan pada tahun lalu, memungkinkan kamu untuk menerima, menghapus, atau memblokir pesan dari seseorang yang tidak ada dalam kontak kamu.

Untuk mencegah calon spammer melihat atau menyalahgunakan foto profil kamu, Signal sekarang akan mulai memakai metode blurring untuk semua percakapan yang dimulai oleh pengirim yang tidak dikenal. Kamu harus mengetuk foto di setiap obrolan agar dapat dilihat. Ini akan memastikan bahwa tidak ada orang asing acak yang dapat mencuri dan menggunakan foto profil kamu dan menggunakannya untuk tujuan yang jahat.

Pihak Signal mengatakan fitur ini sedang diperkenalkan saat tim dukungan menerima masukan dari pengguna yang mengatakan bahwa mereka mendapatkan semakin banyak permintaan pesan berisi spam. Beberapa pengguna bahkan melaporkan bahwa mereka mendapat pesan yang cukup provokatif dalam upaya untuk memikat orang ke dalam perangkap. Setelah kamu melihat bahwa itu adalah pesan spam, kamu dapat langsung memblokirnya dan juga melaporkannya sebagai spam.

Selanjutnya, untuk mencegah orang mengklik tautan yang meragukan, Signal akan berhenti menautkan URL yang ditampilkan di layar permintaan pesan. Dengan modifikasi terbaru ini, aplikasi akan berharap untuk selangkah lebih maju dari para spammer.

Bahkan dengan perubahan UX ini dan penambahan kode server penangkal spam, Signal masih memegangi janji mereka dimana percakapan yang kamu lakukan di aplikasi hanya bisa diketahui oleh kamu dan sang penerima, dan tidak ada orang lain atau mungkin Signal yang bisa melihat pesan kamu tersebut.

Oke, itu tadi berita seputar update Signal, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.