Berita teknologi terbaru datang dari media streaming musik dan podcast terbesar saat ini yaitu Spotify, dimana mereka sedang melirik “lahan” baru yang ingin dikuasai. Yap, sepertinya mereka akan mulai kampanyenya untuk menguasai audiobook setelah baru-baru ini mereka mengakusisi platform audiobook Findaway dengan harga yang tidak disebutkan, dengan ini sudah jelas jika audiobook merupakan target mereka selanjutnya.

Baca Juga:

Tujuan Spotify Mengakusisi Findaway

Findaway sebenarnay bukan merupakan aplikasi streaming, tetapi mereka mengoperasikan beberapa bisnis yang terkait dengan audiobook. Mereka mendistribusikannya ke berbagai platform lain dan memungkinkan para pembuat konten baru untuk memproduksi audiobook mereka sendiri melalui layanan Findaway Voices.

Selain itu, Findaway ini juga melayani para penulis, penerbit, dan konsumen. Tentu ini adalah akusisi yang sempurna untuk Spotify karena tampaknya sejalan dengan tujuan mereka yang ingin memperbesar layanan ke bisnis audiobook. Para pengamat menilai bahwa industri audiobook ini akan meningkat dalam 5 hingga 6 tahun kedepan dengan nilai sebesar $ 15 Miliar USD pada tahun 2027, dan tentunya ini terlalu disayangkan jika Spotify tidak menjadi pusat dalam pertumbuhan tersebut.

Seiring dengan pengoperasian berbagai bisnis Findaway, Spotify mengatakan bahwa infrastrukturnya akan memungkinkan untuk mengembangkan katalog audiobook dengan cepat, sehingga kemugnkinan akan tersedia sebagai bagian dari subscription yang kamu lakukan. Saat ini, platform pemimpin segmen audiobook masih dipegang oleh Audible (milik Amazon), Scribd, dan Google Audiobooks.

Jika ini sesuai dengan apa yang terjadi pada Spotify Podcast, mungkin pertumbuhan audiobooks akan sangat cepat, dan tentunya akan membawa Spotify untuk menyelip aplikasi kompetitor yang sudah disebutkan sebelumnya. Dengan akusisi Anchor dan Gimlet, pada waktu sebelumnya, maka Spotify bisa dibilang sebagai “toserba” karena mereka mendukung dua format audio yang paling populer di audiobooks saat ini.

Akusisi ini diharapkan selesai sebelum akhir tahun, dan hal ini juga tergantung pada persetujuan regulator. Jika kamu penggemar audiobook, mungkin kamu akan menemukan judul audiobook favorit kamu di Spotify pada tahun depan, yang kemungkinan akan ada desain ulang pada Spotify untuk mengakomodasi konten baru tersebut.

Kurang lebih itu tadi beberapa perubahan yang hadir di media streaming Spotify, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ Pengen Tahu Lebih Dalam Tentang Windows 11..?? Tanya Jawab Disini  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.