Setelah beberapa waktu yang lalu kita sempat dihebohkan dengan rencana perubahan skema nama baru dari chip Qualcomm, hari ini chip yang dinantikan kehadirannya tersebut resmi dirilis dan menggunakan nama Snapdragon 8 Gen 1 — seperti yang sudah diprediksi di awal.

Snapdragon 8 Gen 1 merupakan chip pertama dari Qualcomm yang menggunakan proses 4nm dan gak cuma itu saja, chip ini juga hadir dengan arsitektur CPU baru, peningkatan di bagian kamera, dan berbagai hal lainnya. Berikut ini adalah detail lengkapnya:

Komposisi CPU dari Snapdragon 8 Gen 1 masih menggunakan skema tiga klaster dengan 8 inti, akan tetapi semua inti dari chip ini sudah menggunakan desain terbaru yakni ARMv9. Ini artinya inti utama dari chip ini yakni Cortex-X2 akan dapat berjalan dalam kecepatan @3.0GHz. Lalu untuk mendukung atau menstabilkan performa terdapat tiga inti dari Cortex-A710 yang memiliki kecepatan @2.5GHz, serta empat inti untuk efisiensi daya yakni Cortex-A510 @1.8GHz.

Secara keseluruhan, CPU yang ditawarkan oleh Snapdragon 8 Gen 1 ini akan menghadirkan performa yang 20% lebih kencang jika dibandingkan dengan Snapdragon 888 dan gak cuma itu saja, penggunaan daya dari chip ini pun diklaim lebih hemat hingga 30%.

Kalau disektor GPU, seri Adreno baru menjanjikan lonjakan performa hingga 30% yang diimbangi dengan penghemat daya hingga 25%. Gak cuma itu saja, Qualcomm sebenarnya sudah mengembangkan tiga fitur Elite Gaming, salah satunya adalah Frame Motion Engine yang memungkinkan pengembang untuk dapat mencapai keseimbangan antara kinerja dan efisiensi daya, sehingga FPS tetap stabil walaupun terjadi pemotongan daya hingga setengahnya.

Sektor kamera tak luput dari perubahan dan di Snapdragon 8 Gen 1 Qualcomm menawarkan ISP baru yang mereka namai sebagai Snapdragon Sight, ISP ini memungkinkan kamera untuk memproses 3,2 gigapiksel per detik (naik dari 2,7 gigapiksel per-detik pada Snapdragon 888) dan jika digabungkan dengan pengoptimalan yang lainnya, maka ini berarti Snapdragon Sight dapat menangkap 240 foto beresolusi 12MP per detik — atau dua kali lipat dari yang dapat dikelola oleh ISP Snapdragon 888.

Gak cuma foto, video yang diambil pun jadi makin mantap dimana kabarnya kamu tetap dapat merekam dalam resolusi 8K pada 30fps, tetapi sekarang ini sudah ditambahkan dukungan HDR (HDR10 dan HDR10+). Gak hanya itu, pengguna juga dapat mengambil foto beresolusi 64 MP saat merekam video 8K/30. Bahkan, Qualcomm juga sudah menambahkan mesin perangkat keras baru yang memungkinkan untuk merender bokeh dalam video pada resolusi 4K.

Gak hanya di performa dan fotografi saja yang mendapatkan peningkatan, Qualcomm juga dilaporkan bekerja untuk meningkatkan keamanan di chip ini dengan memperkenalkan Trust Management Engine, yang akan berada di bawah hypervisor (yang diperkenalkan dengan 888) — Sayang, detail terkait hal ini masih belum diungkap oleh Qualcomm.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.