Kemarin, Xiaomi mengadakan sebuah event di China dan tentunya kamu tahu bahwa di event tersebut mereka pada akhirnya merilis Xiaomi 12 yang akan kita bahas detailnya nanti.

Selain Xiaomi 12, ada juga skin Android terbaru milik Xiaomi yang sudah menggunakan Android 12 yakni MIUI 13 dan sebagai catatan untukmu, MIUI 13 terbagi menjadi 2 bagian yang pertama adalah untuk smartphone dan yang satunya adalah untuk tablet yang Xiaomi beri nama MIUI 13 Pad.

Berdasarkan keterangan dari Xiaomi, MIUI 13 membawa beberapa peningkatan performa jika dibandingkan dengan versi sebelumnya — MIUI 12.5. Xiaomi mengklaim bahwa versi terbaru menawarkan kelancaran aplikasi yang lebih baik dengan mengurangi frame drop ketika membuka aplikasi hingga 15% untuk aplikasi pihak ketiga dan 23% untuk aplikasi milik Xiaomi.

Gak cuma itu, Xiaomi juga mengklaim bahwa MIUI 13 miliknya berada di peringkat teratas dalam uji kelancaran Master Lu, mengalahkan skin Android dari OEM lain. Xiaomi juga telah meningkatkan kemampuan multitasking pada MIUI 13 dan perangkat lunak ini sekarang mampu untuk dapat membuka hingga 14 aplikasi di latar belakang.

Selain meningkatkan performa, MIUI 13 juga fokus dibagian privasi. Dimana Xiaomi telah bekerja untuk membuat MIUI 13 lebih aman bagi pengguna dengan fitur-fitur baru seperti perlindungan menggunakan verifikasi wajah, privasi watermark dan perlindungan penipuan. Sayangnya, untuk sekarang DroidPoin belum memiliki detail rinci terkait fitur-fitur yang ada di MIUI 13.

Dari segi tampilan, MIUI 13 hadir dengan sejumlah live wallpaper baru yang menampilkan formasi kristal. Xiaomi mengatakan bahwa wallpaper ini diambil menggunakan mikroskop polarisasi melalui fotografi timelapse 8K dan tak ketinggalan terdapat dukungan untuk beberapa widget menarik seperti “Super Countdown Day” dan “Water Measuring Cup” yang detailnya masih belum diungkap.

Bersamaan dengan MIUI 13 untuk smartphone, Xiaomi juga mengumumkan MIUI 13 Pad pada event peluncuran hari ini. MIUI 13 Pad adalah versi MIUI yang dioptimalkan untuk perangkat dengan layar besar atau tablet dari Xiaomi. Skin Android ini membawa beberapa fitur tambahan untuk membantu pengguna memanfaatkan layar besarnya dan Xiaomi juga telah bekerja dengan pengembang untuk mengoptimalkan aplikasi untuk antarmuka tablet. Perusahaan asal China tersebut mengklaim bahwa sudah ada lebih dari 3000 aplikasi yang sudah dioptimalkan untuk layar besar.

Tak hanya itu, MIUI 13 Pad juga menyertakan beberapa fitur tambahan untuk meningkatkan pengalaman multitasking pada perangkat layar besar. Ini termasuk fitur seperti pintasan baru untuk beralih dengan cepat antara mode layar penuh dan mode window, mode window yang bisa kamu atur skala atau ukurannya, dan banyak lagi. Untuk kamu yang sering menggunakan keyboard, Xiaomi juga juga menawarkan lebih banyak shortcut keyboard di MIUI 13 agar dapat meningkatkan produktivitas penggunanya.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.