via Samsung

Event CES 2022 sudah dimulai dan Samsung baru saja meresmikan smart TV generasi terbarunya dan ada beberapa hal menarik yang perlu kamu ketahui terkait smart TV terbaru dari Samsung. Buat yang penasaran, berikut ini adalah detail lengkapnya:

1. MICRO LED TV

via Samsung

Kalau dari keterangan yang disampaikan oleh Samsung, MICRO LED TV menawarkan kualitas gambar terbaik di kelasnya berkat 25 juta LED berukuran mikrometer yang secara individual menghasilkan cahaya dan warna, serta menciptakan pengalaman yang luar biasa imersif melalui kedalaman yang mengesankan, warna-warna cerah, dan tingkat kejelasan dan kontras yang lebih tinggi. Di CES 2022, Samsung akan mengungkap MICRO LED TV dalam tiga ukuran berbeda – 110”, 101” dan 89”.

Selain peningkatan dari segi hardware, fitur pada MICRO LED TV 2022 sangatlah menarik karena sudah mendukung kedalaman skala abu-abu 20-bit. Ini berarti TV dengan model MICRO LED dapat mengekspresikan setiap detail dalam sebuah adegan, menawarkan kontrol terbaik dengan lebih dari 1 juta langkah tingkat kecerahan dan warna, serta akan memberikan pengalaman HDR yang sesungguhnya.

Hal Ini juga berarti MICRO LED TV mampu mengekspresikan 100% gamut warna DCI dan Adobe RGB, menghasilkan warna yang menakjubkan dan hidup.

2. Neo QLED TV dengan Neo Quantum Prosesor dan Dynamic Sound Experience

via Samsung

Tahun 2022 jadi tahun yang spesial bagi smart TV Samsung — khusnya Neo QLED TV, pasalnya Prosesor Neo Quantum tahun ini memperkenalkan pemetaan kontras tingkat lanjut dengan BLU (unit lampu latar). Hal ini akan meningkatkan tingkat kecerahan dari gradasi 12 menjadi 14-bit untuk kontrol sumber cahaya yang lebih baik serta memungkinkan TV untuk mengontrol pencahayaannya di 16.384 langkah, empat kali lipat dari sebelumnya yang hanya 4.096 langkah.

Gak cuma itu, Teknologi Shape Adaptive Light yang baru memanfaatkan Prosesor Neo Quantum mampu menganalisis garis, bentuk, dan permukaan untuk mengontrol bentuk cahaya dari LED Quantum Mini, meningkatkan kecerahan dan akurasi semua bentuk di layar. Hasilnya adalah kualitas gambar luar biasa ketika menampilkan konten HDR.

Samsung 2022 Neo QLED juga dilengkapi Real Depth Enhancer, ini merupakan algoritme kualitas gambar multi-intelijen. Kemajuan teknologi ini menciptakan realisme yang lebih besar dengan menentukan dan memproses objek di layar dengan latar belakangnya untuk menciptakan kesan mendalam.

Bukan cuma sektor kualitas gambar saja yang ditingkatkan oleh pihak Samsung, fitur suara dari Neo QLED juga mendapatkan peningkatan besar. Didukung oleh OTS (Object Tracking Sound) yang mengarahkan suara untuk bergerak melintasi ruangan bersama dengan objek di layar, produk 2022 akan menampilkan OTS Pro. Fitur ini akan menggabungkan speaker up-firing yang kuat untuk menciptakan suara surround overhead.

3. Dilengkapi Gaming Hub yang Mendukung Stadia and GeForce Now

via Samsung

Smart TV generasi terbaru Samsung yang dirilis tahun ini akan dilengkapi dengan fitur Gaming Hub. Fitur ini akan mendukungan tiga layanan streaming game populer yang diantaranya adalah GeForce Now, Stadia, dan Utomik.

Aplikasi seperti Stadia atau GeForce Now bisa kamu instal secara manual dan menariknya, Gaming hub tidak hanya terbatas pada layanan cloud gaming saja. Karena fitur ini juga akan mencakup konsol game yang terhubung ke TV melalui HDMI seperti PlayStation 5 dan Nintendo Switch. Selain itu, smart TV juga akan menampilkan dukungan passthrough untuk pengontrol Xbox dan PlayStation, dan pengguna tampaknya dapat menghubungkannya dengan layanan cloud gaming.

Untuk memberikan pengalaman bermain game yang lengkap, hub ini juga akan memberi pengguna akses ke YouTube Gaming dan streamer favorit mereka. Selain itu akan ada market khusus bagi pengguna untuk dapat membeli game langsung via smart TV.

  ⚡️ 8,999 Jutaan! Unboxing Samsung Galaxy S21 FE 5G Resmi Indonesia  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.