Dengan adanya invasi Rusia ke negara Ukraina, kebijakan negara-negara terhadap Rusia pun berubah termasuk dengan teknologi. Kabar terbaru mengatakan jika Samsung menghentikan pengiriman smartphone dan chipset ke Rusia, dan tindakan Samsung ini mengikuti langkah yang ditempuh oleh Apple dan Microsoft yang juga dilakukan sepanjang pekan ini.

Baca Juga:

Samsung Pegang 34% Pasar Smartphone Rusia

Seperti dilansir dari Bloomberg, Samsung memutuskan untuk menghentikan pengiriman smartphone dan chip ke Rusia. Ini adalah sebuah langkah yang besar dan berani karena Rusia merupakan pasar potensial bagi penjualan smartphone Samsung. Seperti yang dilaporkan IDC bulan November lalu, sekitar 34% ponsel di Rusia diproduksi oleh Samsung, mengungguli pesaing seperti Xiaomi, Apple, dan Realme. Masih menurut catatan dari Bloomberg, penjualan di Rusia menyumbang sekitar 4% dari pendapatan smartphone perusahaan secara global.

Dalam sebuah pernyataan, Samsung mengatakan kepada Bloomberg, “Pikiran kami bersama semua orang yang terkena dampak, dan prioritas kami adalah memastikan keselamatan semua karyawan kami dan keluarga mereka.” Selain itu, Samsung berencana untuk menyumbangkan $6 juta Dollar AS untuk upaya kemanusiaan yang sedang berlangsung di Ukraina.

Langkah ini dilakukan hanya beberapa hari setelah Apple mengumumkan akan menghentikan berbagai penjualan di negara tersebut sebagai tanggapan atas invasi yang sedang berlangsung. Microsoft mengikuti langkah tersebut pada hari Jumat, mereka mengumumkan pembekuan produk dan layanan di Rusia.

Sementara itu, Google telah membatasi data peta, khususnya menonaktifkan laporan lalu lintas langsung dan data yang dikirimkan pengguna. Dengan penghentian pasokan dari dua raksasa besar manufaktur smartphone itu sekarang, bisa dipastikan akan semakin sulit bagi penduduk negara Rusia untuk mendapatkan gadget baru mereka.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Samsung, semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ini ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.