Rasa-rasanya Google masih akan terus melakukan banyak perubahan, bahkan kabar terbaru Google Sedang mengembangkan Android 13 DP1 dimana versi stabil dari Android 12L masih belum diluncurkan. Sudah bukan rahasia lagi jika Android 12L memang dirancang untuk smartphone yang mempunyai layar besar, masih belum tahu apa yang terjadi di dalam Android 12L, pada minggu lalu Google sudah memberikan update Android 13 DP1. Cuma permasalahannya adalah dua build tersebut saling bersilangan dalam pengembangan, lalu apa saja yang menjadi perhatian dari Google perihal dua OS ini?.

Baca Juga:

Android 13 Lebih Canggih dari Android 12L?

Ketika Android 12L pertama kali diumumkan pada bulan Oktober tahun kemarin, salah satu hal yang patut diperhatikan adalah penambahan taskbar pada smartphone yang mempunyai layar besar. Tidak seperti dock standar Android, taskbar ini lebih sesuai dengan Chrome OS, sehingga memudahkan untuk menyematkan aplikasi dan bertukar aplikasi hanya dengan satu ketukan.

Seperti yang dilaporkan Android Police, build untuk Android 12L membatasi layout hingga lima aplikasi saja, dan untuk build Android 12 DP1 mereka mempunyai update yang lebih baik ketimbang Android 12L. Perubahan ini ditemukan oleh Mishaal Rahman dan dia membagikannya di Esper.io, Google telah memperluas taskbar hingga 6 tempat dan dilengkapi dengan kemampuan untuk menampilkan aplikasi yang disarankan seperti yang ada di Android Dock saat ini.

Bisa dibilang ini adalah perubahan yang kecil, tetapi jika kamu memiliki smartphone yang support seperti foldable atau tablet misalnya, kamu akan merasakan bahwa smartphone akan lebih lapang dari sebelumnya. Android 13 DP1 penuh dengan perubahan kecil seperti ini.

Banyak tech enthusiast yang mengharapkan untuk melihat preview developer yang baru atau beta baru di setiap bulannya mulai dari sekarang hingga musim panas yang akan datang. Kemungkinan besar perubahan yang paling signifikan kemungkinan akan diumumkan di event Google I/O pada bulan Mei depan.

Oke, itu tadi berita teknologi seputar Android 13, semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu semuanya ya. Jika kamu ada saran tentang aplikasi dan game yang ingin dibahas, kamu bisa berkomentar pada kolom dibawah ya, terima kasih!.

Sumber

  ⚡️ 3 JUTAAN! 7 Alasan Kenapa Beli OPPO A76 (Review)  

SUBSCRIBE CHANNEL KEPOIN TEKNO

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.