Home Accessories Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Selama 3 minggu terakhir saya menggunakan GameSir G4s saat bermain game di Android. Maklum, senikmat-nikmatnya touchscreen buat bermain game, tentunya masih lebih nikmat gamepad yang beneran. Apalagi kalo buat maen sepak bola, suasana PS nya lebih terasa.

Untuk itu di artikel ini saya akan membagikan review bagaimana experience GamePad GameSir G4s saat digunakan untuk bermain game di Android.

 

Video Review

Kamu bisa langsung menonton video review GameSir G4s yang DroidPoin upload melalui channel Kepoin Tekno berikut ini:

NB: Jika kamu lebih memilih membaca review daripada menonton video diatas, dibawah ini merupakan review GameSir G4s versi teksnya.

 

Info pembelian & Harga GameSir G4s

Gamepad ini saya dapatkan di www.gamesir.hk seharga $69.9 atau sekitar 920 ribuan rupiah.

 

Unboxing

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Kamu akan mendapatkan box yang didalamnya ada GamePad GameSir G4s, ekstra holder, kabel charger micro USB, dan juga buku panduan. Sekali lagi saya tegaskan tidak ada charger yang disertakan. Jadi silakan pake charger smartphone kamu atau tancapkan saja di port USB PC jika baterainya habis.

 

Desain & Build Quality

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Ngomongin build quality, GameSir G4s rigid dan solid. Mayoritas bahannya menggunakan material kokoh yang dilapisi handgrip pada kedua holder, membuatnya mantap dan enak saat digenggam. Bagi kamu yang tangannya mudah berkeringat seperti saya, handgrip di gamepad ini juga membuat tidak mudah slip saat main game dalam waktu lama.

Tombol-tombolnya sangat enak saat dipencet, dilengkapi nyala LED, serta menghasilkan feedback yang kenyal. Dari segi desain dan penataan tombol, GameSir G4s lebih mirip controller Xbox daripada PS.

Selain itu desainnya juga ergonomis dengan disembunyikannya beberapa elemen agar tetap ringkas. Contohnya adalah tombol turbo & clear yang tersembunyi saat holder ditutup, serta USB bluetooth yang juga tersimpan di bawah holder. Sebagai tambahan informasi, USB Bluetooth ini berfungsi untuk kamu hubungkan dengan PC — karena selain support Android GameSir G4s ini juga support Windows PC.

Posisi micro usb charger berada di bagian depan gamepad, sehingga jika baterai habis kamu tetap bisa main dengan charger menancap tanpa perlu rehat terlebih dahulu.

Kembali ke holder G4s, Holder smartphone ini bisa dibuka dalam 2 sudut, 110 dan 150 derajat, yang bisa kamu sesuaikan dengan posisi ternyaman. Holder ini fleksibel untuk smartphone berukuran mulai dari 3.5 inch sampai 6 inch.

Bicara mengenai kelemahan di sektor desain dan build quality, saya merasakan bagian slot holder terasa ringkih, dan jika tidak hati-hati kamu bisa saja mematahkannya.

 

Spesifikasi

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Beranjak ke spesifikasi, GameSir G4s menggunakan 32-bit MCU chip yang diklaim mampu menjadikan gamepad ini akurat dan responsif, bluetooth 4 besutan realtek, lampu LED di berbagai tombol, baterai 800mAh, serta dilengkapi getar atau vibration.

Lalu bagaimana performa GameSir G4s saat dipake bermain game di Android?

 

Performa

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Menghubungkan GameSir G4s dengan smartphone Android tidaklah sulit. Cukup nyalakan Bluetooth di smartphone dan tekan tombol kombinasi “A+Home” di gamepad hingga lampu indikator berkedip cepat. Ini tandanya Gamepad sudah masuk ke mode pairing.

Lalu buka bluetooth setting di smartphone dan hubungkan GameSir-G4s. Jika sudah berhasil terhubung maka tombol home akan terus menyala dengan warna hijau, tanda bahwa gamepad ini sudah siap kamu gunakan main.

Kini kita masuk pada problem utama, yaitu bagaimana menemukan game yang bisa dimainkan dengan Gamepad ini.

Untuk itu ada 2 aplikasi yang disediakan oleh GameSir yaitu GameSir World dan Happy Chick Emulator.

Happy Chick emulator berisi berbagai game yang, saya tidak tahu bagaimana dengan legalitasnya, tetapi berbagai game PS, PSP, Nintendo, NDS, dsb ada disini dan bisa kamu download gratis. Sebenarnya semua game di Happy Chick ini kompatibel dengan GameSir G4s. Sayangnya setelah saya coba..cukup banyak game populer yang tidak bisa dimainkan. Ada yang error / force closed saat dibuka, ada juga yang stuck pada welcome screen. Tetapi beberapa game klasik seperti Winning Eleven 2002 yang dulu sering saya mainkan melalui PS kini bisa saya nikmati di Android dengan G4s. Dan jika smartphone kamu punya specs mumpuni, kamu juga bisa memainkan Pro Evolution Soccer 2014.

Hal yang sama juga berlaku di aplikasi GameSir World. Meskipun banyak game terdaftar di GamePad Games, tetapi yang benar-benar kompatibel sangat sedikit. Game-game favorit saya seperti Dream League Soccer dan Euro Truck Simulator tidak kompatibel dengan gamepad ini padahal sudah masuk dalam daftar.

Beruntung mayoritas game keren buatan Gameloft seperti Asphalt 8 dan Modern Combat 5 100% support saat dimainkan dengan GameSir G4s.

Main game di Android dengan GameSir G4s ini enak, tetapi untuk mayoritas smartphone yang memiliki tombol volume dan power di bagian samping harus rela menggeser posisi smartphone hingga tidak begitu pas di tengah gamepad.

 

Baterai

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Untuk keawetan baterai tidak ada keluhan sama sekali. Dengan proses charging yang hanya sekitar 30 menit, gamepad ini bisa dimainkan 15 hingga 18 jam non-stop. Fitur auto-sleep juga turut berperan disini, karena saat tidak dipakai G4s bakal otomatis mati untuk menghemat daya.

 

Kesimpulan

Review: Main Game di Android Pake GamePad GameSir G4s

Kini saatnya pada kesimpulan. Dengan harga 920 ribuan, GameSir G4s memberikan desain ringkas dan kualitas build yang ajib. Tidak ada yang kurang dari sisi kualitas gamepad, bahkan seluruh tombol dan D-Pad sangat enak dioperasikan.

Kelemahan GameSir G4s terletak di sulitnya mencari game yang kompatibel. Dalam banyak kasus kamu harus mendownload dan mencoba game tersebut satu per satu — dan tidak ada jaminan bahwa game yang sudah kamu download akan kompatibel dengan gamepad ini.

Dan itulah dia review GamePad GameSir G4s. Pastikan kamu subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan review dan tutorial menarik seputar teknologi lainnya.

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Productivity addict. Geek by nature. Platform Agnostic.