Home News Qualcomm: Teknologi Fingerprint di Layar Hadir pada 2018

Qualcomm: Teknologi Fingerprint di Layar Hadir pada 2018

Qualcomm: Teknologi Fingerprint di Layar Hadir di 2018

Masihkah kamu ingat dengan rumor yang DroidPoin bagikan beberapa waktu lalu mengenai Vivo yang bakal menjadi vendor ponsel pertama yang menerapkan sensor fingerprint pada layar? (Baca: Sensor Fingerprint di Layar, Vivo Bakal Salip Apple dan Microsoft)

Nah, tampaknya rumor tersebut bukanlah sembarang rumor! Yup, kemarin Qualcomm baru saja menjelaskan bahwa pihaknya memang tengah mengembangkan sebuah teknologi yang dinamai sebagai “The next-generation fingerprint”.

Teknologi ini dapat menjadikan fingerprint terletak di bawah layar (OLED), metal dan juga kaca (glass). Selain itu, Qualcomm juga menjelaskan bahwa pihaknya baru akan memulai pendistribusian teknologi fingerprint ke OEM (metal dan kaca) mulai musim panas tahun ini, lalu untuk teknologi fingerprint pada layar baru akan didistribusikan mulai awal tahun 2018. Untuk lebih jelas kamu bisa lihat detail gambar berikut ini:

Qualcomm: Teknologi Fingerprint di Layar Hadir di 2018

Teknologi ini tak terlepas dari kemampuan sensor ultrasonic scanner yang hadir pada chip Snapdragon baik itu seri 800, 600, 400, 200, bahkan juga non-snapdragon platform dan menurut info yang sudah dirilis oleh Qualcomm, sensor ultrasonic yang hadir pada teknologi Qualcomm mampu menembus kaca dengan ketebalan 400 µm (mikrometer), metal dan aluminium dengan ketebalan 650 µm, serta OLED Display dengan ketebalan 1200 µm.

Qualcomm: Teknologi Fingerprint di Layar Hadir di 2018

Lalu, apa hubungannya antara teknologi ini dengan Vivo?

Vivo ditunjuk oleh Qualcomm sebagai OEM pertama yang bakal menerapkan teknologi ini pada ponsel, kabarnya ponsel pertama (Vivo) dengan teknologi fingerprint di layar bakal hadir paling cepat pada awal tahun depan (Januari-Juni 2018).

Buat kamu yang penasaran, berikut ada sedikit video demonstrasi dari Vivo:

Bagaimana, sangat menarik bukan? Tentunya dengan sudah tersedianya teknologi fingerprint pada layar, maka ponsel tidak akan lagi membutuhkan tombol untuk sensor sidik jari baik itu pada bagain depan dan juga belakang, selain itu hal ini juga menjelaskan bahwa nantinya akan ada smartphone yang hadir dengan layar penuh (full screen tanpa bezel), desain unibody yang kokoh, serta anti air.

So, mari kita nantikam saja kebenarannya bersama pada tahun 2018. Tentunya, jika ada info serta hal menarik mengenai tekonologi fingerprint scanner pada layar, DroidPoin akan segera mengabarkannya ke kamu.

via Qualcomm

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.