Home Editorial OEM Mana yang Merilis Update Android Nougat Paling Cepat?

OEM Mana yang Merilis Update Android Nougat Paling Cepat?

OEM Mana yang Mendistribusikan Update Android Nougat Paling Cepat?
via Gadget Hacks

Android Nougat sudah dirilis oleh Google pada minggu ke-3 di bulan Agustus 2016 dan kini pengguna Android Nougat sudah mencapai angka 10%. Tapi seperti biasanya, tidak semua OEM memberikan update Android ke seluruh smartphone Android miliknya dan walaupun smartphone kamu sudah pasti akan mendapatkan update, akan tetapi pendistribusian update Android terbilang cukup lambat.

Nah, maka dari itu, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba membahas OEM mana saja yang paling cepat dalam mendistribusikan Android Nougat untuk perangkatnya, berikut adalah detailnya:

Google

OEM Mana yang Mendistribusikan Update Android Nougat Paling Cepat?
via CNet

OEM pertama tentu saja adalah Google, sebagai pengembang Android rasa-rasanya tak mungkin jika ada OEM lain yang mampu mendahului Google, kecuali jika perangkat tersebut tidak menggunakan Android.

Google sudah merilis update Android Nougat hampir ke semua ponsel miliknya seperti Pixel, Pixel XL, Nexus 6P, Nexus 5X, bahkan Nexus 6 dan tak ketinggalan pula Android One.

Dan seperti yang kamu tahu, perangkat milik Google akan mendapatkan update ini pertama kali, beberapa jam pasca mereka resmi mengumumkan update Android tersebut.

 

HTC | Huawei | Sony

OEM Mana yang Mendistribusikan Update Android Nougat Paling Cepat?
via PhoneArena

Diposisi kedua ada HTC, Huawei dan Sony. Ketiga OEM tersebut, menjadi OEM tercepat setelah Google. Yup, hampir semua smartphone yang dirilis dalam 2 tahun terakhir sudah mendapatkan update Android Nougat, hal ini sangat wajar karena ke-3 OEM ini menggunakan ROM yang sangat minim modifikasi, bahkan sangat mirip dengan Pure Android milik Google.

Misalnya saja HTC yang sudah merilis update ini hingga ponsel HTC One A9 yang dirilis pada akhir November 2015. Tapi sayangnya, HTC tidak membagikan update ini secara merata untuk semua ponsel, hanya beberapa seri flagship dan mid-end saja yang sudah mendapatkan update Android Nougat hingga sekarang ini.

Sedangkan Huawei, merupakan OEM yang paling banyak memberikan update Nougat pada smartphone miliknya. Huawei tidak membedakan mana smartphone flagship ataupun mana yang non-flagship, sebagian besar smartphone yang dirilis Huawei dalam waktu 2 tahun terakhir sudah mendapatkan update Android Nougat.

Selain HTC dan Huawei ada juga ponsel milik Sony yakni Xperia. Sama seperti Huawei, Sony juga tidak membeda-bedakan mana seri flagship ataupun non-flagship bahkan semua seri Xperia dengan kode “X” sudah mendapatkan update Android Nougat.

 

LG

OEM Mana yang Mendistribusikan Update Android Nougat Paling Cepat?
via CNet

Diposisi nomor 3 ada LG! Yup, LG sangat rajin memberi update Android untuk smartphone miliknya, karena selain hanya memiliki dua seri andalan yakni seri “G” dan “V”, mereka juga tidak melupakan beberapa seri mid-end seperti LG Stylo 2 V, LG Stylo 2 Plus, LG K8 dan beberapa perangkat lainnya.

Tapi sayangnya, LG selalu berurusan dengan masalah yang bernama “bootloop.” Yup, pada update Android Nougat kemarin, kabarnya beberapa user LG G5, LG V10 dan LG G4 mengalami masalah ini, hingga akhirnya pendistribusian update Android harus tertunda dan hingga kini update Android Nougat untuk LG G4 masih belum tersedia.

 

Motorola | Samsung

OEM Mana yang Mendistribusikan Update Android Nougat Paling Cepat?
via PhoneArena

Untuk posisi nomor 4 ada Motorola yang sekarang sudah menjadi bagian dari Lenovo dan juga sang raja ponsel Android yakni Samsung! Kenapa mereka ada di posisi ke-4?

Jawabannya sangat simpel, seperti yang kamu tahu mereka rajin sekali merilis smartphone setiap bulan dan ada satu alasan lainnya yakni karena ROM yang mereka gunakan sudah mendapati cukup banyak perubahan, sehingga memerlukan waktu sedikit lebih lama jika dibandingkan OEM lain.

Motorola sudah mengonfirmasi bahwa mereka akan merilis update Android Nougat untuk beberapa smartphone miliknya seperti seri Moto Z, Moto X dan Moto G. Akan tetapi, update ini belum tersalurkan sepenuhnya, hingga saat ini masih banyak seri Motorola yang belum mendapatkan update dibandingkan dengan yang sudah mendapatkan update Android terbaru.

Lalu untuk Samsung, kasusnya tak berbeda jauh dengan Motorola. Akan tetapi, Samsung sudah merilis update ini hampir ke semua seri flagship miliknya seperti Galaxy S7 dan S6, kini mereka hanya perlu memberikan update pada beberapa seri ponsel mid-end miliknya seperti Galaxy A (2016) dan mungkin Galaxy J (2016).

 

Xiaomi

Dan untuk posisi paling akhir, dipegang oleh Xiaomi! Hal ini tidaklah mengherankan, karena Xiaomi bisa dibilang hampir merilis ponsel baru setiap 1 bulan sekali, selain itu ROM mereka yakni MIUI sudah mendapatkan perubahan yang sangat-sangat banyak, bahkan kamu bisa menikmati berbagi fitur di Android Nougat tanpa harus melakukan update! (Ucapkan terima kasih pada MIUI) 🙂

Karena hal tersebut, maka pendistribusian Android Nougat untuk semua ponsel Xiaomi tidaklah terlalu penting karena semua hal yang bisa kamu nikmati pada Android versi terbaru bisa kamu nikmati di MIUI terbaru.

Nah, itulah gaes daftar OEM yang paling cepat dalam menyalurkan update Android Nougat dan semoga data yang DroidPoin bagikan ini bisa bermanfaat bagi kamu dalam menentukan ponsel Androidmu selanjutnya.

So, ponsel Android kamu berada di posisi berapa?

 

  Video: Review DJI Osmo Mobile Indonesia  

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.