Home Basic 5 Tips untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai Ponsel Androidmu

5 Tips untuk Memperpanjang Daya Tahan Baterai Ponsel Androidmu

Apa itu Mode Stamina di Sony Xperia?

Dulu, DroidPoin pernah memberikan beberapa cara untuk membuat baterai ponsel Android milikmu menjadi leih hemat. Tetapi, jika tips yang DroidPoin berikan dulu dirasa kurang, maka pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba menambahkannya!

So, buat kamu yang merasa daya tahan baterai ponsel kamu berkurang, silakan ikuti beberapa tips tambahan dari DroidPoin berikut ini:

1. Gunakan Walpaper Statis Berwarna Hitam & Tema Gelap

Dulu, DroidPoin sudah menjelaskan bahwa kamu harus menghindari yang namanya live wallpaper agar baterai kamu menjadi lebih hemat. Nah, pastikan juga kamu memilih wallpaper dan gunakan tema yang berwarna hitam, karena dengan menggunaan semua hal bernuansa hitam baterai kamu bakal lebih hemat!

 

2. Manfaatkan Doze Mode

Selain bisa menggunakan fitur penghemat baterai, Android juga dilengkapi dengan Mode Doze. Fitur ini sebenarnya sudah tersedia di Android Marshmallow, akan tetapi fitur baru terasa maksimal setelah adanya update Android Nougat.

Mode ini akan menyelamatkan baterai Android milikmu, jika ponselmu tak tersentuh selama beberapa waktu (seperti saat tidur). Misalnya, pada saat ponsel Android milikmu berada di saku.

 

3. Matikan Google Voice (Google Assistant)

Jangan biarkan aplikasi Google milikmu menghabiskan baterai ponsel Androidmu. Aplikasi Google sudah dilengkapi dengan ‘OK Google’ atau kini lebih dikenal sebagai Google Assistan, sehingga jika kamu tidak mengatur aplikasi Google milikmu, bisa saja aplikasi tersebut akan menghabiskan baterai ponsel kamu menjadi lebih cepat.

Untuk mematikannya, kamu bisa lihat video dari AndroidPIT berikut ini:

 

4. Selalu Update Aplikasi dan Manfaatkan Fitur Optimalisasi Baterai

Mungkin kamu bertanya-tanya, apa hubungannya update aplikasi dan menghemat baterai?

Nah, buat kamu yang belum tahu, developer terkadang menghadapi berbagai bug setiap kali aplikasi milik mereka hendak mendapatkan update dan ada kemungkinan jika bug tersebut akan membuat baterai Android kamu menjadi lebih cepat habis. Sehingga, mau tidak mau, kamu harus rajin melakukan update agar terhindar dari masalah tersebut.

Setelah berhasil melakukan update, kamu bisa coba manfaatkan fitur optimalisasi baterai yang ada pada ponsel kamu, kalau tidak salah fitur ini baru tersedia di Android Marshmallow.

Untuk cara penggunaannya, kamu bisa iktui video tutorial berikut ini:

 

5. Gunakan Bantuan dari Aplikasi Pihak ke-3

Tidak semua aplikasi pihak ketiga untuk menghemat baterai merupakan aplikasi yang tak berguna, misalnya saja aplikasi Greenify.

Greenify merupakan aplikasi yang dapat menghibernasikan aplikasi pada ponsel Android milikmu jika sedang tidak kamu gunakan, karena semakin sering dan banyaknya aplikasi yang kamu gunakan di Android maka kinerja ponsel Android kamu akan semakin lamban dan juga semakin boros baterai.

Greenify dapat melakukan berbegai macam hal tanpa peluncuran eksplisit oleh kamu atau oleh aplikasi lain, sehingga Greenify dapat tetap mempertahankan fungsionalitas penuh suatu aplikasi ketika berjalan di latar belakang, mirip dengan aplikasi iOS. Jadi, kamu akan selalu merasa bahwa perangkat yang kamu gunakan sekarang ini merupakan perangkat Android baru!

Untuk lebih detail mengenai aplikasi ini, kamu bisa baca artikel berikut ini.

Nah, itulah gaes beberapa tamabahan tips untuk meningkatkan daya tahan baterai di smartphone Android milikmu.

Semoga bermanfaat 🙂

Video via AndroidPIT

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.