Home Editorial 4 Tips Agar Penyimpanan Androidmu Tak Cepat Penuh

4 Tips Agar Penyimpanan Androidmu Tak Cepat Penuh

Apa itu Bloatware di Android?

Pasti diantara kamu disini pernah dong mengalami kepenuhan penyimpanan pada ponsel Android kamu. Jika penyimpanan pada ponsel Android kamu penuh, maka bisa saja  ponsel kamu akan menjadi lambat, jangankan lambat kamu juga tak bisa menyimpan foto bahkan menginstall aplikasi dari Play Store.

Nah, buat kamu yang sedang mengalami hal tersebut, kamu tak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan berikan beberapa tips agar penyimpanan pada ponsel Android milikmu tak cepat penuh.

Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

1. Manfaatkan Penyimpanan Eksternal (MicroSD)

Apa Perbedaan SDHC dan SDXC?

Jika kamu membeli sebuah smartphone, pastikan kamu memilih ponsel Android dengan penyimpanan internal yang terbilang lega, minimal 32 GB. Akan tetapi, jika kamu tak menemukan ponsel tersebut, maka itu bukanlah hal yang besar. Kamu cukup cari ponsel yang memiliki memori eksternal (MicroSD).

Dengan demikian kamu tak perlu khawatir lagi tentang masalah penyimpanan pada ponsel Android yang kamu gunakan, karena kamu bisa mengalihkan file media hingga aplikasi ke MicroSD.

 

2. Gunakan Penyimpanan Awan “Cloud”

cloud-storage

Kamu sudah terlanjur membeli ponsel Android yang tak memiliki penyimpanan eksternal? Ah, itu bukanlah masalah besar karena kebanyakan ponsel Android sudah mendukung sistem penyimpanan awan atau yang lebih dikenal dengan nama “Cloud”.

Nah, dengan menaruh berbagai file di Cloud, tentunya Android kamu tak perlu menyimpan berbagai file besar, cukup taruh di Cloud dan kamu bisa unduh file tersebut sesuai dengan keinginan serta kebutuhan kamu.

Dengan demikian, maka penyimpanan pada ponsel Android kamu akan tetap terjaga dan tak akan mengalami kepenuhan.

 

3. Perhatikan Ukuran File

Tampilan My apps & games Play Store Kini Lebih Menarik!

Menyimpan aplikasi, mengunduh file dan mengambil foto atau video sejatinya akan menghabiskan ruang penyimpanan pada Android milikmu. Jadi, ada baiknya jika kamu hendak melakukan berbagai hal yang sudah DroidPoin sebutkan di atas, pastikan kamu sudah memperhatikan ukuran file yang akan kamu dapatkan, pastikan kamu mencari file dengan ukuran sedang atau rendah, agar penyimpanan Android kamu tersisa cukup banyak.

 

4. Bersihkan File Sampah

Apa itu Clear Cache dan Data di Android?

Setiap aplikasi di Android akan menyimpan temporary file saat digunakan. Hal ini bertujuan baik, yakni agar ketika kamu membuka aplikasi tersebut untuk kedua kalinya, maka aplikasi tersebut akan terbuka lebih cepat. Namun sayangnya, fitur ini juga memberi efek yang buruk pada penyimpanan Android milikmu. Yup betul sekali, temporary file akan menguras penyimpanan Android milikmu, jika kamu tak rajin membersihkannya.

Nah, maka dari hal tersebut, kamu harus rajin-rajin membersihkan file-file tersebut. Caranya sangatlah mudah, kamu cukup buka menu Settings > Apps, lalu pilih menu clear cache atau data sesuai dengan keinginan kamu.

Nah, itulah gaes beberapa tips dari DroidPoin agar penyimpanan Android kamu tak cepat penuh. Semoga bermanfaat 🙂

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.