Home Basic Cara Cepat Melegakan Ruang Penyimpanan di Android

Cara Cepat Melegakan Ruang Penyimpanan di Android

Apa itu Bloatware di Android?

Beberapa saat lalu, DroidPoin sudah memberikan beberapa tips pencegahan untuk kamu mengenai bagaimana caranya agar penyimpanan pada perangkat Androidmu tak cepat penuh (Baca: 4 Tips Agar Penyimpanan Androidmu Tak Cepat Penuh)

Nah, buat kamu yang sudah mengalami hal tersebut (penyimpanan Android milikmu sudah penuh), pada kesempatan kali ini DroidPoin akan berikan cara cepat untuk melegakan ruang penyimpanan pada perangkat Android milikmu, berikut ini adalah caranya:

1. Uninstall bloatware atau aplikasi yang jarang digunakan

Hal pertama yang perlu kamu lakukan jika penyimpanan Android milikmu sudah penuh tentu saja dengan menghapus (uninstall) atau menonaktifkan aplikasi bloatware yang ada pada perangkat Android milikmu.

Karena seperti yang sudah kamu tahu, kebanyakan aplikasi bloatware yang ada di perangkat milikmu tidaklah terlalu bermanfaat. Jadi, tidak ada salahnya bagi kamu untuk menghapus 5-6 aplikasi bloatware.

Untuk lebih detail mengenai apa itu yang dimaksud dengan bloatware, kamu bisa lihat pada artikel berikut ini.

 

2. Pindahkan file ukuran besar ke memori eksternal (MicroSD)

Jika menghapus bloatware masih kurang melegakan ruang penyimpanan internal pada ponsel Android milikmu, maka kamu bisa coba memindahkan berbagai file (audio, video dan lain-lain) ke memori eksternal (MicroSD).

Untuk memindahkan file dari memori internal ke eksternal (MicroSD), kamu cukup pergi ke Settings > Storage (penyimpanan) > Transfer file (Dari internal ke MicroSD).

 

3. Hapus cache

Apa itu Clear Cache dan Data di Android?

Sama seperti di artikel sebelumnya, menghapus cache merupakan bagian terpenting dalam melegakan ruang penyimpanan. Sehingga, bisa dikatakan bahwa menghapus cache adalah salah satu cara terbaik dan tercepat melegakan ruang penyimpanan.

Nah, itulah beberapa cara untuk melegakan ruang penyimpanan di Android secara cepat  dan jika kamu punya cara atau tips lainnya jangan sungkan untuk berbagi di kolom komentar.

  Review Microsoft Edge di iOS & Android  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.

Talk = Do Something "Talk More Do More" | User Windows 10 Mobile (Mi4) dan Android (Xperia XA Ultra) | Kamu punya pertanyaan seputar Android? Silakan tanya via LINE ' ad_jossy '.