PhonographSelama ini saya memakai Poweramp sebagai pemutar musik utama. Namun desain dan skin yang tersedia di Poweramp makin hari makin ketinggalan zaman. Entah kapan sejak terakhir kali Poweramp mendapatkan update. Akhirnya saya memutuskan move on dan mengembara ke PlayStore untuk mencari pemutar musik yang baru. Setelah melakukan scroll yang panjang, akhirnya saya menemukan pemutar musik yang benar-benar cocok dengan selera saya, yaitu Phonograph.

Halaman Utama

Phonograph

Dari halaman pemutar musiknya kita bisa tahu kalau aplikasi ini material design banget. Album terpampang di bagian atas, dibawahnya ada kontrol musik yang berputar saat menarik card playlist ke atas. Backgroundnya akan berubah warna sesuai warna mayoritas dari album art lagu yang kita putar.

Library

Phonograph

Untuk pustaka atau library, tidak berbeda jauh dengan pemutar musik kebanyakan. Album, Lagu, Musisi, Genre, Folder, Playlist. Tidak ada yang istimewa. Namun kelemahan dari aplikasi ini adalah tidak bisa mendownload album art dari internet. Entah apa alasannya, padahal yang gambar musisi bisa loh.

Setting

Phonograph

Pada bagian setting, ada banyak opsi yang disediakan. Mulai dari warna, model playlist, lockscreen, equalizer, playback dan masih banyak lagi. Kamu tidak perlu mendownload skin tambahan utuk mengganti warna atau menambah aksen blur di pemutar musikmu. Saya rasa pengaturan ini sudah lebih dari cukup untuk kebutuhan saya.

Kesimpulan

Desain modern yang minimalis tapi tak minim fitur merupakan senjata utama dari pemutar musik ini. Saya sangat suka animasi-animasi kecil seperti saat berpindah library atau menarik card playlist. Aplikasi ini juga ringan dan hampir tidak pernah crash. Namun tidak ada aplikasi yang 100% sempurna. Kelemahan dari Phonograph adalah tidak bisa mendownload album art dari internet.

Saat ini, era streaming musik digital menjadi primadona di masyarakat. Kamu bisa menemukan JOOX atau Spotify dimana-mana. Namun ada kalanya ketika kamu jauh dari internet atau lagu-lagu yang kamu sukai tidak tersedia di layanan streaming tersebut. Saat itulah kamu kembali membuka pemutar musik tradisional di hp-mu.

Download Phonograph – Gratis
Logo Play Store

  Review MIUI 10 di Poco F1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.