Apa itu Bloatware di Android?

Jika kamu pengguna ponsel Android yang memiliki penyimpanan internal terbatas seperti seri Xiaomi Mi 4 yang hanya memiliki opsi penyimpanan internal yang kecil tanpa tambahan MicroSD Card, ada baiknya kamu perhatikan betul-betul artikel DroidPoin kali ini.

Yup, karena pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan daftar aplikasi populer yang nantinya akan menghabiskan penyimpanan internal ponsel Android milikmu. Buat kamu yang sudah penasaran, berikut ini adalah daftarnya:

1. Chrome

Menghapus Histori di Chrome Android

Aplikasi pertama yang harus kamu hindari adalah Chrome. Di PC (Windows) Chrome sangat terkenal karena memiliki speed yang begitu kencang, akan tetapi aplikasi ini rakus akan RAM. Tapi beda halnya dengan di perngkat mobile, pada Android Chrome sudah mendapatkan berbagai penyempurnaan hingga memiliki size yang kecil (pada awalnya) serta speed yang kencang. Tapi bukan berarti aplikasi ini harus menjadi browser utama kamu, apalagi kalau kamu memiliki ponsel dengan penyimpanan terbatas!

Yup, setelah nantinya kamu menggunakan Chrome selama beberapa waktu, aplikasi ini akan bertambah besar dikarenakan berbagai proses seperti cache dan data lainnya yang DroidPoin tidak ketahui. Bahkan, ukuran aplikasi Chrome pada ponsel Android kamu bisa mencapai 1GB, jika kamu tak rajin membersihkan cache dan lain-lain pada browser tersebut.

Alternatif

Untuk alteratif, kamu bisa memilih aplikasi Opera Mini! Yup, aplikasi ini selain memiliki ukuran yang kecil, juga memiliki speed dan mode penghemat data. Sehingga sangat cocok sekali untuk kamu yang sedang berhemat penyimapanan serta data internet.

2. Facebook dan Messenger

Aplikasi kedua, adalah dua aplikasi keluaran Facebook Inc. yakni Facebook dan Messenger. Kedua aplikasi ini bukan hanya boros akan baterai, tetapi juga boros akan penyimpanan internal pada ponsel Android kamu!

Pada awalnya, aplikasi ini memang berukuran kecil tergantung dari perangkat yang kamu gunakan, akan tetapi lama-lama ukuran aplikasi ini bisa membengkak hingga 500MB! Jika kamu adalah pengguna Facebook & Messenger akut, hanya ada satu cara untuk mengatasi penyimpanan yang lama kelamaan akan membengkak. Yup betul sekali, kamu bisa menggunakan aplikasi versi Lite dari kedua aplikasi di atas.

 

3. Spotify

HOT: Dapatkan Spotify Premium untuk 3 Bulan Hanya Rp 4.990!
via iAppleSutffs

Aplikasi streaming musik populer yakni Spotify juga merupakan salah satu aplikasi yang akan menghabiskan penyimpanan pada ponsel Android kamu! DroidPoin tidak mengetahui secara pasti mengapa aplikasi ini bisa membengkak, akan tetapi menurut beberapa sumber aplikasi Spotify memiliki pengelolaan cache yang cukup buruk terutama versi premium yang mana memungkinkan kamu untuk menyimpan file lagu secara offline.

Bahkan tahun kemarin, aplikasi Spotify menjadi aplikasi nomor satu yang paling boros penyimpanan sebagai mana data yang diberikan oleh AVG!

Alternatif

Untuk alternatif aplikasi Spotify, kamu bisa mencoba aplikasi Google Play Music ataupun Joox yang mana memiliki ukuran jauh lebih kecil yakni berada dikisara 100-200MB.

 

4. Microsoft Outlook

Cara Mengakses Akun Outlook di Android

Dalam satu ponsel kamu membutuhkan 2 aplikasi e-mail? Yup, mungkin pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan yang akan pertama kali terlontar. Memang aplikasi Microsoft Outlook merupakan aplikasi e-mail yang bisa dibilang cukup powerfull dari Microsoft, akan tetapi aplikasi ini membutuhkan banyak ruang penyimpanan pada ponsel Android milikmu.

Itu belum ditambahkan dengan berbagai cache serta data yang tersimpan pada ponsel kamu jika nantinya ada email baru yang masuk.

Alternatif

Nah, buat kamu yang sedang mencari alternatif aplikasi Microsoft Outlook, DroidPoin punya dua pilihan diantaranya adalah aplikasi pesan bawaan milik Google yakni Gmail serta Aqua Mail yang mana memiliki penyimpanan yang begitu kecil yakni hanya sekitar 20MB saja.

 

5. Twitter

Twitter akan Rilis Aplikasi Twitter Lite yang Lebih Hemat Data
via Scroll

Aplikasi terakhir yang menghabiskan banyak ruang penyimpanan adalah Twitter. Yup, sama seperti Facebook dan Messengger, aplikasi sosial media merupakan aplikasi empuk yang mana akan menghabiskan ruang penyimpanan pada ponsel kamu.

Jika kamu tak rajin membersihkan cache serta other data yang ada pada aplikasi sosial media, maka bisa dipastikan nantinya aplikasi tersebut akan memiliki ukuran yang besar dan bisa saja membuat penyimpanan ponsel kamu membengkak.

Sama seperti Facebook, Twitter juga menyediakan aplikasi Twitter lite yang mana akan membuat kamu tetap bisa nge-tiwt tanpa khawtir penyimapan ponsel kamu membengkak.

Nah, itulah gaes daftar aplikasi yang mana akan membuat penyimapanan pada ponsel Android kamu membengkak. Jika kamu punya daftar lainnya, jangan sungkan untuk memberitahu yang lain di kolom komentar. 🙂

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.