Apakah Ini Saat yang Tepat untuk Mencoba Android 8.0 Oreo?

Siapa diantara kamu disini yang berencana beralih ke smartphone ataupun tablet Android, tetapi kamu masih ragu dengan ponsel mana yang cocok buat kamu? Jika ada, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba membantu memecahkan masalah tersebut.

Untuk kamu yang hendak beralih ke Android atau bisa dikatakan user pemula, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ponsel Android. Buat kamu yang sudah penasaran dengan hal ini, berikut adalah tips memilih smartphone atau tablet Android untuk pemula:

1. Cari Android Murah (Jika bisa Android One)

via Xiaomi

Nah, opsi pertama yang DroidPoin sarankan adalah untuk kamu para pemula di Android adalah mencari ponsel atau tablet Android murah terlebih dahulu, jika bisa sih DroidPoin sarankan kamu untuk memilih Android One. Kenapa?

Alasannya sangatlah simpel, dengan memilih Android One kamu akan merasakan sensai ‘pure Android’ dari Google langsung, yang mana memiliki tampilan minimalis serta performa yang tak perlu kamu ragukan dan untuk urusan update pastinya sudah terjamin hingga beberapa tahun ke depan.

Selain itu, jika seandainya kamu membeli Android murah, kamu tak akan merugi banyak jika seandainya kamu kurang suka dan ingin menjualnya kembali.

 

2. Jangan Tergiur oleh Iklan

via Genmuda

Nah, ini yang sering membuat pemula terkecoh. Yup, benar sekali, iklan menjadi salah satu hal terpenting dalam bisnis ponsel masa kini. Padahal, jika kamu cermati lebih jauh, masih banyak ponsel dan tablet Android dengan spesifikasi yang jauh lebih baik dan memiliki harga lebih murah tersedia di pasaran.

Akan tetapi karena adanya iklan baik itu di media, tv serta yang lainnya dan kebetulan sekali ponsel ataupun tablet Android tersebut (yang memiliki harga jauh lebih murah dan spesifikasi jauh lebih baik) tidak diiklankan oleh sang vendor, maka hal ini membuat user Android pemula bingung dan bahkan membuat kita tidak mengetahui banyak hal mengenai ponsel ataupun tablet tersebut.

Salah satu cara mengatasi hal tersebut adalah dengan berselancar di internet dan kunjungi berbagai website yang membahas teknologi seperti Poin Asia (WinPoin, DroidPoin dan MacPoin) serta website yang lainnya.

 

3. Cari Spesifikasi yang Lumayan

via Genpro

Untuk mendapatkan pengalaman Android yang baik, kamu harus mendapatkan ponsel ataupun tablet Android dengan spesifikasi yang lumayan mulai dari prosesor, RAM & ROM serta berbagai hal lain misalnya saja Bluetooth, GPS, dukungan OTG, fast charging, baterai dan hal kecil lainnya.

Jangan cari ponsel ataupun tablet Android yang memiliki spesifikasi pas-pasan, apalagi spesifikasi yang sangat rendah karena akan sangat mempengaruhi performa dan pengalaman kamu ketika menggunakan Android. Karena di pasar Indonesia sendiri sudah banyak ponsel Android yang memiliki spesifikasi lumayan serta harga yang bisa dibilang cukup terjangkau contohnya adalah Genpro Z.

Berbeda dengan iPhone yang mana memang di desain langsung oleh Apple mulai dari desain, spesifikasi dan lain-lain. Android sendiri memang berasal dari Google, tapi sudah banyak vendor yang menggunakan Android misalnya saja Samsung, Huawei, Xiaomi dan lain-lain. Nah, vendor tersebut menggunakan skin Android ciptannya masing-masing dan terkadang mereka juga menggunakan prosesor yang berbeda-beda pada seri smartphone miliknya. Contohnya saja Samsung, di beberapa negara mereka terkadang menggunakan Snapdragon untuk ponselnya dan terkadang juga mereka menggunakan prosesor buatannya sendiri yakni Exynos.

Nah, hal inilah yang terkadang mempengaruhi performa pada ponsel ataupun tablet Android kamu, maka dari hal itu DroidPoin sarankan kamu untuk memilih Android One. Kalaupun di wilayah kamu tak ada Android One, usahakan kamu cari ponsel dan tablet Android yang memiliki spesifikasi yang lumayan, sehingga pengalaman ketika kamu menggunakan Android terasa maksimal.

Selain ponsel Android One, kamu juga bisa coba ambil ponsel flagship yang sudah dirilis 2-3 tahun yang lalu. Karena menurut DroidPoin, ponsel tersebut masih sangat layak ketimbang kamu membeli ponsel low-end dengan spesifikasi pas-pasan karena akan memberika performa yang jauh lebih baik.

 

4. Jangan Hanya Fokus di OS Android Saja — Carilah Desain dan Tampilan yang Menarik (Opsional / Opini / Tambahan)

Dirilis di China, Inilah Harga dan Spesifikasi Huawei Mate 10 Lite

Jika kamu sudah menemukan ponsel Android yang cukup murah dan memiliki spesifikasi yang lumayan dan juga kamu tak tergiur oleh iklan yang ada di sekitar kamu, maka hal terakhir atau bisa dibilang ini merupakan hal tambahan dari DroidPoin yang gak terlalu penting juga adalah jangan hanya terfokus pada OS Android.

Yup, desain dan tampilan Android banyak yang menarik, apalagi kebanyakan ponsel Android masa kini sudah mengusung desain bezel-less dengan rasio layar 18:9 dan juga kemampuan dual kamera. Jadi, jika bisa dan kamu juga memiliki sedikit budget lebih, usahakan kamu cari ponsel Android yang memiliki desain serta tampilan yang menarik.

Nah, mungkin itulah gaes beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli ponsel Android untuk kamu yang baru saja hendak beralih menggunakan Android atau bisa dikatakan user pemula dan jika kamu punya tambahan opini mengenai hal ini, silakan berikan opini kamu di kolom komentar.

Semoga bermanfaat 🙂

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.