Raksasa teknologi Apple yang mengaku membuat lambat ponsel lawas mereka, dicibir banyak pihak. Rival berat mereka, Samsung, membantah juga mengikuti jejak Apple ini.

Saat dimintai keterangan, Samsung mengaku tidak memperlambat performa smartphone lawas dengan baterai tuanya. Dikatakannya, kualitas produk adalah prioritas utama Samsung.

“Kami memastikan masa pakai baterai ponsel Samsung melalui langkah keamanan multi lapis, yang meliputi algoritma software yang mengatur pengisian baterai saat ini dan durasi pengisian. Kami tidak mengurangi performa CPU melalui update software selama siklus hidup ponsel,” ujar Samsung.

Hal serupa juga disampaikan oleh raksasa teknologi yang masih satu negara dengan Samsung, LG.

“Tidak pernah, tidak akan pernah. Kami peduli dengan apa yang pelanggan pikirkan,” kata LG.

Sebelumnya HTC dan Motorola juga menyampaikan hal senada, mereka tidak menurunkan performa prosesor yang digunakan pada smartphone mereka hanya karena usia baterai smartphone yang makin tua.

Sementara itu hingga kini Google belum memberikan jawaban, apakah sistem operasi Android juga meniru langkah yang sama dengan Apple, atau tidak.

Beberapa waktu lalu Apple meminta maaf setelah diketahui memperlambat kinerja iPhone seri lawas untuk membuat konsumsi daya baterai yang lebih ringan jika menggunakan iOS versi terbaru. Cara ini dilakukan agar masa pakai iPhone jadi lebih panjang. (Baca: Apple Sengaja Bikin iPhone Lawas Jadi Lebih Lambat?)

Apple kini memberikan diskon penggantian baterai bagi iPhone 6 dan keatasnya dengan kriteria baterai yang tertentu.

Apa komentar kamu?

via PhoneArena

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.