Apa itu Akses "Root" di Android?
via AndroidPIT

Beberapa waktu yang lalu, DroidPoin pernah menjelaskan apa itu yang dimaksud dengan Root di Android. Nah, pada akhir artikel tersebut DroidPoin sudah berjanji ke kamu bahwa DroidPoin nantinya akan memberikan daftar kelebihan serta kekurangan untuk kamu yang melakukan root. (Baca: Apa itu Akses “Root” di Android?)

So, tak perlu berlama-lama, buat kamu yang sudah penasaran mengenai kelebihan serta kekurangan melakukan root pada Android, berikut adalah detailnya:

 

Kelebihan

  • Mempercepat Kinerja Smartphone

Yup, hal pertama yang paling terasa setelah melakukan root adalah kamu bisa mempercepat kinerja smartphone Android yang kamu gunakan. Dengan membuka akses root, kamu akan mampu memaksimalkan serta mengoptimalkan sebagaian besar hardware yang ada di Android seperti Prosesor, RAM dan lain-lain.

  • Mampu Menghapus Aplikasi Bloatware

Nah, hal kedua yang bisa kamu lakukan setelah melakukan root tentu saja kamu bisa menghapus aplikasi bawaan yang terinstall pada perangkat kamu. Hal ini tentu sangat bermanfaat apalagi jika ponsel kamu memiliki internal yang terbatas.

Baca juga:

Tapi, ada cara lain untuk menghapus bloatware yang ada pada ponsel kamu tanpa harus melakukan root. Kamu bisa mencari cara tersebut di DroidPoin atau kamu tinggal klik link yang sudah DroidPoin sediakan di atas.

  • Bisa Blokir iklan

Lagi enak-enak bermain game tiba-tiba saja muncul iklan, pastinya kamu pernah mengalami hal tersebut bukan. Nah, jika kamu melakukan root maka kamu bisa menginstall aplikasi yang mampu memblokir iklan pada smartphone kamu.

  • Install Custom ROM Jauh Lebih Mudah

Mungkin jika kamu adalah pengguna Android sejak lama, pasti sudah tahu jika ponsel kamu bisa diinstal dengan berbagai custom ROM. Dengan adanya costum ROM, maka fitur yang sebelumnya tidak ada pada ponsel Android kamu menjadi tersedia. Ada banyak jenis Costum ROM yang bisa kamu coba seperti OmniROM, LineageOS, dan yang lainnya.

Selain akan menghadirkan berbagi kelebihan pada ponsel kamu, root juga memiliki kekurangan atau bisa dibilang dampak yang buruk untuk ponsel kamu dan berikut adalah detailnya:

 

Kekurangan

  • Garansi Hilang

Perlu kamu tahu bahwa setiap ponsel Android yang di root, maka akan mengakibatkan ponsel tersebut kehilangan garansinya. Mengapa? Karena kamu sudah merombak atau melakukan kustomisasi sistem Android secara berlebihan. Dan apabila nantinya bakal terjadi kerusakan yang tidak terduga pada ponsel kamu, maka pihak produsen tidak akan mengizinkan kamu untuk melakukan klaim garansi ponsel milikmu dikarenakan ponsel kamu sudah di root.

  • Keamanan Kurang Terjamin

Dengan melakukan root, akses ke dalam file sistem menjadi lebih terbuka dibandingkan sebelumnya, sehingga Android yang sudah di root menjadi jauh lebih rentan terhadap serangan malware. Namun, hal ini dapat dicegah dengan penggunaan aplikasi yang benar, serta tidak men-download aplikasi Android secara sembarangan, kamu juga bisa mencegahnya dengan menggunakan anti-virus terpercaya milikmu yang tersedia langsung dari Play Store.

  • Aplikasi dan Games sering ‘Not Responding’

Setelah melakukan root biasanya ada beberapa game dan aplikasi yang akan mengalami not responding bahkan di beberapa kasus aplikasi tersebut bakal selalu mengalami crash ketika hendak kamu buka. Satu-satunya cara agar masalah tersebut bisa hilang maka kamu harus melakukan unroot pada ponsel kamu.

  • Beberapa Hardware akan Mengalami Error

Selain aplikasi, terkadang root juga bisa mengakibatkan hardware yang ada pada ponsel kamu mengalami error misalnya saja bluetooth ataupun wifi yang ada pada ponsel kamu tidak bisa diaktifkan atau dinonaktifkan.

  • Kerusakan pada Sistem Android (Bootloop, Hardbrick dan lain-lain)

Mungkin inilah hal terakhir sekaligus hal yang paling ditakuti oleh user Android. Yup, betul sekali, dengan melakukan root maka ponsel kamu bisa saja mengalami kerusakan pada sistem tanpa sebab dikarenakan kustomisasi yang berlibahan dan hal yang lainnya.

Baca juga:

Jadi, sebelum melakukan root pada ponsel kamu ada baiknya kamu perhatikan dulu resiko yang akan kamu dapatkan ketika melakukan hal tersebut dan itulah daftar kelebihan serta kekurangan jika kamu melakukan root pada ponsel Android kamu.

So, siapa diantara kamu disini yang berniat malakukan root setelah mengetahui kelebihan dan kekurangan pada daftar di atas?

  Unboxing Nokia 1 Indonesia  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.