Resmi Dirilis, Inilah Harga dan Spesifikasi OnePlus 5Lagi-lagi soal pelanggaran privasi data pengguna terjadi di OnePlus. Salah satu pengguna mengetahui OnePlus mengirim aktivitas yang dilakukan di ponsel.

Seorang pengguna OnePlus 3T menemukan kejanggalan ini setelah ia memantau lalu lintas jaringan pada smartphone saat tengah memperbaharui build beta terbaru.

Diketahui, perangkat ini mengirimkan informasi yang ada di clipboard, secara langsung ke Alibaba, raksasa teknologi asal Tiongkok.

Baca Juga:

Alhasil, jika menekan tombol “Copy” seperti pada halaman web, kontak, foto, dan lainnya, akan langsung dikirimkan ke server Alibaba.

Menanggapi masalah serius ini, OnePlus dalam forum pengguna OnePlus mengatakan hal ini hanya terjadi pada build versi Tiongkok pada antarmuka HydrogenOS, dan tidak terjadi di build global yang bernama OxygenOS.

OnePlus mengatakan akan segera memberikan update yang isinya menghapus fitur clipboard pada smartphone.

OnePlus juga meyakinkan pengguna untuk tidak khawatir terkait isu ini, pihaknya mengklaim tidak mencomot data dan menyimpannya di server manapun. Namun hal ini bisa saja terjadi bagi perangkat yang dijual di Tiongkok.

Sebelumnya OnePlus pernah tersandung masalah pencurian data pengguna beberapa smartphone buatannya sendiri, dengan dalih agar bisa meningkatkan pengalaman penggunaan yang lebih baik.

OnePlus juga berjanji tidak akan mengambil data penggunanya tanpa izin lagi.

via phone arena, OnePlus forum

  Prediksi Juara Piala Dunia 2018 Menurut Siri & Cortana  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.