Buta warna merupakan kelainan genetik yang (saat ini) tidak bisa disembuhkan. Buta warna ada dua jenis, yaitu parsial dan total. Buta warna parsial menyebabkan kita tidak bisa melihat beberapa jenis warna tertentu. Buta warna parsial dibagi menjadi tiga, protanopia (kurang peka terhadap warna merah) atau Deuteranopia (kurang peka terhadap warna hijau) atau Tritanopia(kurang peka terhadap warna biru).

Dalam pengaturan warna layar di Android ada fitur color correction yang bisa membantu meningkatkan warna untuk membantumu melihat warna tertentu.

Caranya kamu tinggal menuju Setting > Accessibility > Color correction. Lalu dalam Correction mode pilih yang sesuai dengan tipe buta warna parsialmu. (Baca Juga: Tips Konfigurasi Windows untuk Penderita Buta Warna)

Saya pribadi mengalami buta warna parsial Deuteranopia, jadi saya pilih yang deuteranomaly. Lalu saat saya mencoba tes buta warna lagi, saya bisa melihat beberapa angka dalam tes yang sebelumnya tidak bisa saya lihat. Sayangnya, intensitas dari color correction ini tidak bisa diatur seperti yang ada di iOS.

Nah, apakah kamu juga mengalami buta warna parsial? Jika iya, maka pengaturan ini cukup menarik untuk dicoba. Jika kamu tidak buta warna, maka bersyukurlah sebanyak-banyaknya. 🙂

  Stop Kontak Pintar, Sepintar Apa?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.