3 Permintaan Izin yang Harus Kamu Cek Kembali Pada Smartphone Android
via Greenbot

Seperti yang kamu tahu, ketika kamu hendak menginstall aplikasi ataupun game baru dari Play Store Android, maka nantinya aplikasi tersebut akan memunculkan beberapa perizinan (permission) yang harus kamu penuhi, misalnya saja panggilan, identitas, kamera, kalender dan bahkan kontak sekalipun.

Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan memberikan daftar permintaan izin yang harus kamu cek kembali dikarenakan bisa saja informasi milikmu dicuri secara diam-diam tanpa kamu sadari.

So, berikut ini adalah 3 perminitaan izin yang sebaiknya kamu tinjau ulang:

1. Mikrofon

Yup, dari sekian banyak permintaan izin, DroidPoin sarankan kamu untuk cek ulang mikrofon dikarenakan ini merupakan hal paling terpenting apalagi kamu sering mengucapkan berbagai hal tanpa disadari.

Bahkan dari penelitian beberapa waktu lalu, ada beberapa aplikasi yang memanfaatkan mikrofon untuk keperluan iklan!

Jadi, aplikasi tersebut akan mendata apa saja yang kamu sukai baik itu film, musik dan lain-lain tanpa kamu ketahui. Nantinya setelah aplikasi tersebut berhasil mengumpulkan data, maka nantinya mereka akan memberikan daftar iklan yang bisa dibilang sesuai dengan keinginan kamu sehingga akhirnya kamu tertarik dengan hal tersebut.

 

2. Kamera

Untuk yang satu ini tampaknya kamu sudah mengetahui banyak hal, bahkan menurut DroidPoin sudah tak perlu dibahas lagi. Yup, jika kamu mengizinkan aplikasi ataupun games yang asing (tidak bisa dipercaya) menggunakan kamera ponsel kamu, bukan tidak mungkin semua hal yang terekam oleh kamera ponsel yang kamu gunakan bisa diketahui oleh orang lain dengan mudah.

3. Lokasi

Yang terakhir tentu saja adalah lokasi. Mungkin kebanyakan dari kamu tak terlalu pusing memikirkan hal ini, kerana sebenarnya kamu bisa dengan mudah melacak lokasi dari IP Adress.

Beberapa aplikasi seperti Google Maps dan Shazaam memang memerlukan hal semacam ini karena untuk mengetahui lokasi yang akan kamu tuju ataupun mengenali lagu sesuai wilayah agar nantinya jadu jauh lebih akurat. Sedangkan untuk game, tampaknya hal ini tidakla terlalu penting, bahkan ada aplikasi semacam flashlight yang memerlukan izin lokasi yang tentunya sangatlah tidak berhubungan sama sekali.

Terlepas dari apapun pilihan kamu (memberikan izin ataupun tidak), tapi ada satu hal yang perlu kamu tahu. Yup, semua tersebut tak terlepas dari penting atau tidaknya hal tersebut untuk kamu, jika menurut kamu hal tersebut tidaklah penting dan tidak mengganggu kamu sama sekali, maka kamu tak perlu meninjau ulang hal ini.

Nah, itulah gaesΒ 3 perminitaan izin yang sebaiknya kamu tinjau ulang. Tapi, itu semua kembali kepada pilihan kamu masing-masing.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

  Review Zoom H1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.