Cara Cek Penggunaan RAM di Android Oreo

Seperti yang kamu tahu, Google sudah merilis versi Android terbaru beberapa waktu yang lalu dan tampaknya ada cukup banyak perubahan menu pada bagian setting / setelan di Android 8.0 / 8.1 Oreo.

Salah satu yang terkena dampak perubahan menu adalah penggunaan RAM. Jika biasanya menu tersebut menjadi menu utama di setting / setelan Android versi sebelumnya, maka di Android 8.1 Oreo kamu tidak akan menemukan menu tersebut di halaman utama setting / setelan dikarenakan menu tersebut sudah berpindah.

Padahal, menurut DroidPoin menu tersebut merupakan salah satu menu pengaturan yang cukup penting, karena dengan mengetahui jumlah RAM yang terpakai atau tersisa, maka kita bisa merestart ponsel Android milik kita supaya performanya menjadi jauh lebih ringan karena jumlah RAM yang terpakai nantinya akan berkurang sekitar 10-20% dari total penggunaan.

Nah, buat kamu yang sudah melakukan update ke Android Oreo dan tidak menemukan opsi penggunaan RAM pada ponsel kamu, maka kamu tak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan memberikan tips bagaimana cara memunculkan opsi tersebut.

Untuk kamu yang sudah penasaran, silakan langsung ikuti tutorial berikut ini:

  • Pertama, kamu harus sudah mengaktifkan opsi atau mode developer pada perangkat Android yang kamu gunakan, caranya adalah dengan pergi ke Setelan > Sistem > Tentang Ponsel dan selanjutnya kamu tap nomor build beberapa kali hingga ada pemberitahuan bahwa opsi pengembang sudah aktif.
  • Setelah aktif silakan kamu kembali ke menu Sistem dan cari opsi pengembang.

Cara Cek Penggunaan RAM di Android Oreo

  • Pilih opsi tersebut dan nantinya kamu akan menemukan opsi penggunaan RAM.

Cara Cek Penggunaan RAM di Android Oreo

  • Done.

Nah, begitulah gaes cara mengetahui sisa penggunaan RAM pada ponsel kamu. Bagaimana, sangat mudah bukan caranya?

Semoga bermanfaat 😃

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.