Tips Memutar Lagu di YouTube Walaupun Layar dalam Keadaan Mati!

Buat kamu yang sering kali menonton video di YouTube, pasti kamu sering merasakan jika kuota internet kamu seringkali habis seketika. Nah, jika demikan maka pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan tips bagaimana cara mengurangi penggunaan data pada aplikasi Youtube.

Buat kamu yang sudah penasaran, silakan langsung saja ikuti cara-cara berikut ini:

1. Kecilkan resolusi video

Cara Mengubah Resolusi Video di Aplikasi Youtube

Cara pertama untuk menghemat kuota internet kamu tentu saja dengan mengecilkan resolusi video yang kamu putar. Cara ini merupakan cara paling efetif untuk menghemat kuota internet kamu, apalagi jika kamu sering kali menonton video di YouTube.

Caranya sangatlah mudah, hal yang pertama kamu lakukan adalah buka aplikasi YouTube, setelah itu carilah video yang ingin kamu tonton. Selanjutnya kamu tinggal pilih opsi more (opsi titik tiga) dan ubbahlah resolusi video sesuai keinginan kamu.

Untuk lebih jelas, silakan baca tutorialnya disini.

 

2. Batasi penggunaan data seluler

Cara Menambahkan dan Menghapus Video dari Daftar "Tonton Nanti" di YouTube (Android)

Cara kedua adalah dengan membatasi penggunaan data seluler di aplikasi YouTube. Yup, opsi ini ada di pengaturan umum aplikasi YouTube Android.

Jika kamu mengaktifkan opsi ini, maka secara otomatis video yang kamu tonton akan menggunakan resolusi SD atau 480p jika seandainya kamu menggunakan data seluler. Sedangkan jika kamu menggunakan Wi-Fi, maka kamu akan dapat menonton video dengan kualitas HD atau diatas itu.

 

3. Gunakan aplikasi YouTube Go

Aplikasi YouTube Go Resmi Dirilis ke Lebih dari 130 Negara

Cara ketiga adalah dengan menggunakan aplikasi YouTube Go. Buat kamu yang belum tahu, aplikasi YouuTube Go merupakan aplikasi YouTube baru yang memiliki tampilan simpel serta memiliki ukuran yang kecil dan tentunya performa yang ringan dengan berbagai fitur yang terbilang cukup.

Baca juga:

Nah, jika kamu menggunakan aplikasi YouTube Go, maka DroidPoin pastikan kamu bisa menghemat kuota internet kamu karena setiap kali ingin menonton atau mengunduh sebuah video, aplikasi tersebut menyediakan beberapa opsi untuk kamu mulai dari opsi resolusi video tertinggi hingga terkecil, beserta data yang akan terpakai untuk melakukan streaming dan download.

4. Menggunakan aplikasi penghemat data

Kuota Internet di Androidmu Cepat Habis? Gunakan Saja Opera Max

Kalau kamu termasuk ke dalam orang yang tak ingin ribet, ada baiknya kamu gunakan aplikasi penghemat data seperti Opera Max. Aplikasi Opera Max kabarnya mampu menghemat kuota internet kamu sekitar 40-50% dikarenakan sebelum menonton atau mendengarkan konten data yang ada pada ponsel kamu akan dialihkan ke server milik Opera dan nantinya data tersebut akan dioptimalkan sedemikian mungkin agar lebih hemat.

Tidak hanya itu, Opera Max juga akan mengatur kualitas audio ataupun video yang hendak kamu putar menjadi kualitas standar. Sehingga kamu tak perlu mengatur atau menurunkan kualitas audio ataupun video yang hendak kamu putar terlebih dahulu.

Nah, itulah gaes beberapa cara untuk menghemat kuota internet kamu jika kamu adalah seseorang yang sering sekali menonton aplikasi di YouTube atau sudah kecanduan YouTube.

Semoga bermanfaat 🙂

  OnePlus 6 vs OnePlus 5T  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.