Apa itu Samsung Odin?
via Phonearena

Samsung merupakan salah satu OEM paling besar dalam dunia smartphone dan juga tablet Android dan sudah banyak sekali seri ponsel yang mereka rilis mulai dari kelas budget (low-end) hingga flagship sekalipun.

Seperti yang kamu tahu, ada banyak cara untuk memperbaiki ponsel Samsung yang rusak semisal bootloop atau brick bahkan hingga lupa password sekalipun, salah satu diantaranya adalah dengan menggunakan Odin!

Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba menjelaskan sedikit mengenai software tersebut, berikut adalah penjelasannya:

Apa itu Samsung Odin?

Samsung Odin merupakan sebuah program berbasis Windows yang sangat bermanfaat dikarenakan kegunaan dari software ini adalah untuk melakukan flash atau instalΒ  firmware/os/kernels pada smartphone atau tablet Samsung Android milikmu.

Ditujukan untuk siapakah Software Samsung Odin?

Pada awalnya Samsung Odin hanya ditujukan untuk Samsung Service Center, tapi karena software ini sangat bermanfaat terutama untuk pengguna Samsung yang sering sekali ngoprek ponsel ataupun tablet miliknya, maka software tersebut dirilis (bocor) di internet sehingga sekarang ini banyak user Samsung yang bisa memanfaatkan software ini dan tentunya user tersebut bisa memperbaiki masalah yang ada pada ponsel ataupun tablet Galaxy miliknya sendiri tanpa harus datang ke Samsung Service Center.

Bagaimana cara kerjanya?

Cara kerjanya mirip dengan software flash milik OEM lainnya misalnya saja Xiaomi, kamu harus mempersiapkan beberapa file seperti bootloader, ROM dan yang lain-lain sebelum bisa menggunakan software Odin ini.

 

Apakah Odin bisa di instal di Windows versi dulu seperti Windows XP?

DroidPoin belum bisa memastikan hal ini, tapi karena program ini berbasis Windows maka kemungkinan besar semua versi Windows mulai dari XP hingga yang terbaru yakni Windows 10 bisa menginstall software Samsung Odin.

Apakah ada resiko ketika menggunakan Samsung Odin?

Tentu saja ada, sama seperti software flash yang lainnya jika kamu melakukan kesalahan dalam flashing maka kemungkinan besar ponsel kamu akan mengalami brick, bootloop dan berbagai hal lainnya. Jadi, ketika kamu menggunakan software pastikan kamu paham betul mengenai resiko yang akan kamu hadapi.

Nah, itulah gaes sedikit informasi mengenai apa itu software Samsung Odin! Jika kamu memiliki tambahan informasi lainnya mengenai software ini silakan berikan di kolom komentar.

Semoga bermanfaat πŸ™‚

  Kesan Pertama Nokia 8  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.