Aplikasi yang Mendukung Picture-in-picture Mode di Android Oreo

Android 8.0 Oreo sudah dirilis hampir setengah tahun yang lalu dan ada banyak sekali fitur baru yang Google perkenalkan salah satu diantaranya ada Picture-in-picture (PIP) mode.

Buat kamu yang belum tahu, Picture-in-picture mode merupakan sebuah fitur yang mana dapat membuat aplikasi berjalan secara overlay atau aplikasi tersebut dapat berjalan dalam jendela baru berukuran yang lebih kecil. Fitur ini mirip dengan fitur compact overlay window yang pertama kali diperkenalkan oleh Microsoft saat perilisan Windows 10 Creators Update. (Baca: 10 Fitur Baru Terbaik di Windows 10 Creators Update)

Sayangnya, ketika DroidPoin mencoba fitur Picture-in-picture mode di Android, ternyata tidak semua aplikasi mendukung fitur ini. Maka dari hal tersebut, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan memberikan kamu daftar aplikasi yang mendukung fitur tersebut dan berikut ini adalah daftar lengkapnya:

Chrome

Picture-in-picture mode bisa kamu gunakan pada Google Chorme, tapi hanya untuk melakukan streaming video seperti di YouTube, Vimeo dan Facebook.

YouTube (Red)

Kamu juga bisa memanfaatkan Picture-in-picture mode pada aplikasi YouTube, tapi sayangnya fitur ini hanya bisa dinikmati untuk kamu yang berlangganan YuTube Red.

Google Maps

Siapa bilang fitur Picture-in-picture mode hanya bisa digunakan untuk melakukan streaming video? Kamu juga bisa memafaatkan fitur ini pada Google Maps! Yup, dengan demikian kamu bisa tetap melakukan navigasi sambil mengerjakan hal yang lainnya.

Facebook

Sama seperti YouTube, aplikasi Facebook juga bisa kamu nikamti dalam Picture-in-picture mode tetapi hanya dalam mode streaming video.

VLC

Hampir semua berbau konten streaming dan pemutaran video bisa menikamti Picture-in-picture mode, tak terkecuali VLC. Dengan hadirnya fitur Picture-in-picture mode di VLC maka kamu bisa menonton video sambil mengerjakan berbagai hal lainnya pada smartphone milikmu.

WhatsApp

Mungkin banyak yang heran kenapa WhatsApp bisa menggunakan fitur Picture-in-picture mode. Seperti yang kamu tahu, WhatsApp bisa melakukan video call dan tentu saja jika kamu beralih ke aplikasi lainnya saat sedang melakukan video call (misalnya karena ada pesan), maka video call tersebut bakal terhenti.

Nah, dengan adanya Picture-in-picture mode maka kamu bisa tetap melanjutkan video call walaupun sedang mengerjakan berbagai hal yang lainnya.

Itulah gaes beberapa aplikasi yang sudah mendukung Picture-in-picture mode di Android Oreo. Tentunya, jumlah tersebut akan terus bertambah seiring berjalannya waktu dan DroidPoin pun akan terus mengabarkan hal ini ke kamu.

Jadi, pastikan untuk selalu mengunjungi DroidPoin yah 🙂

  Poco F1 Android Pie, Performa Naik!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.