Samsung merupakan salah satu pemain besar dalam bidang teknologi. Bukan hanya smartphone dan tablet saja yang menjadi sektor andalan Samsung, ada juga smart watch, smart tv, smart fridge dan berbagai perangkat lainnya.

Nah, maka dari hal tersebut, Samsung tampaknya sudah siap untuk melangkah lebih jauh dengan mempersiapkan GPU buatannya sendiri. Seperti yang kamu tahu, saat ini Samsung sudah memproduksi prosesor sendiri yang diberi nama Exynos dan digunakan di cukup banyak perangkat miliknya terutama seri smartphone. Tapi untuk GPU, Samsung masih mengandalkan GPU buatan Arm yakni Mali series.

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, saat ini Samsung tengah bekerja sama dengan Arm selaku pengembang dari GPU Mali dan kabarnya kerjasama antara Samsung dan Arm akan berakhir di 2020. Rumornya sih, Samsung tak akan memperpanjang kerja sama tersebut dan lebih memilih untuk mengembangkan GPU buatannya sendiri!

Lalu, untuk apa Samsung membuat GPU sendiri dan kenapa hal tersebut merupakan hal terbaik buat Samsung? Nah, buat kamu yang penasaran, berikut ini prediksi dari DroidPoin mengenai alasan Samsung yang ingin membuat GPU tersendiri.

1. Sebagai ajang pembuktian Samsung

Samsung Galaxy S9 dan S9+ Resmi Diperkenalkan

Sejauh ini tampaknya cuma Apple yang berhasil menyematkan prosesor serta GPU buatannya pada berbagai produk miliknya, sedangkan Samsung dan Huawei merupakan jenis hybrid (bisa dikatakan campuran karena GPU yang digunakan masihlah milik Mali, walaupun prosesornya sudah buatan mereka sendiri).

Nah, tentu saja jika nantinya Samsung berhasil menciptakan GPU mereka sendiri, hampir bisa dipastikan bahwa Samsung akan mendapatkan sebuah pengakuan yang jauh lebih baik dari saat ini bahkan mungkin saja melebihi Apple.

Selain itu, hal tersebut juga menjadi ajang pembuktian dari Samsung sebagai salah satu perusahaan teknologi besar yang mampu menciptakan berbagai hal baru dan terobosan yang menarik.

 

2. Performa yang ditawarkan jauh lebih maksimal

Review Samsung Galaxy C5

Bayangkan jika suatu saat nanti semua perangkat Samsung menggunakan prosesor dan GPU miliknya (yang tentu saja dikembangkan oleh Samsung), apa yang akan terjadi?

Yups, betul sekali, tentu saja performa yang ditawarkan oleh perangkat Samsung akan jauh lebih maksimal dibandingkan saat ini, karena seluruh komponen perangkat tersebut dirancang dan dirakit sendiri oleh Samsung tanpa adanya campur tangan pihak ketiga.

Untuk contohnya, bisa kita lihat dari Apple yang mana selama ini mereka selalu mengembangkan hardware dan software miliknya sendiri dan hasilnya pun bisa kamu tebak bagaimana. 🙂

 

3. Perangkat Samsung bakal jauh lebih murah?

Samsung Galaxy Note Fan Edition Resmi Diumumkan, Inilah Harga dan Spesifikasinya!

Dengan menggunakan hardware mereka sendiri, mulai dari layar OLED, prosesor, GPU dan berbagai hal lainnya, bisa dipastikan bahwa nantinya produksi ponsel Samsung akan jauh lebih mudah dan bakal jauh lebih murah karena berbagai kompenen yang mereka satukan berasal dari divisi mereka tersendiri.

Tapi, DroidPoin agak ragu dengan hal ini, karena brand Samsung sendiri terkenal merupakan brand yang cukup mahal apapun perangkat yang mereka jual dan kualitas yang mereka berikan pun merupakan kualitas terbaik.

Jadi, walaupun nantinya berbagai perangkat Samsung akan dijual lebih murah, tapi DroidPoin meyakini bahwa harganya tidaklah semurah yang kamu bayangkan, mungkin hanya turun 5-10% saja.

 

4. Banyak perangkat Samsung yang membutuhkan GPU

Seperti yang sudah DroidPoin singgung, bukan hanya smartphone saja yang membutuhkan GPU, ada cukup banyak perangkat Samsung lain yang membutuhkan hal tersebut seperti smart tv, smart fridge dan lainnya.

Tentu saja jika Samsung nantinya berhasil menciptakan GPU sendiri, maka performa yang ditawarkan berbagai perangkat Samsung bakal jauh lebih maksimal, terlebih lagi biaya untuk perakitan perangkat tersebut bakal jauh lebih murah karena semua komponen berasal dari Samsung.

 

5. Pendapatan ekstra untuk Samsung

via Samsung Mobile Press

Disaat penjualan ponsel dan tablet Samsung tengah stagnan selama beberapa waktu terakhir, mungkin jika Samsung bisa merakit GPU mereka sendiri, maka hal tersebut bisa menjadi pendapatan ekstra untuk Samsung.

Dengan biaya perakitan yang jauh lebih murah karena semua komponen berasal dari Samsung, tentu saja keuntungan tersebut akan membantu Samsung untuk dapat terus berkembang selama beberapa waktu ke depan.

Nah, itulah gaes, beberapa alasan jika nantinya Samsung akan membuat GPU sendiri, bagiamana menurut pendapatmu?

  7 Tips Pilihan ASUS ZenFone Max Pro M1  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.