Qualcomm resmi memperkenalkan seri prosesor terbaru mereka untuk tahun ini dan salah satu yang paling menarik perhatian adalah kehadiran dari seri Snapdragon 710. Prosesor tersebut merupakan prosesor kelas high-end hanya saja hadir dengan harga yang lebih terjangkau dan kabarnya memiliki daya tahan yang jauh lebih efisien dibandingkan seri Snapdragon 8XX atau seri 6XX.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan seberapa baik performa dari prosesor Snapdragon 710, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba sedikit membahasnya:

Dukungan Platform AI

Kita mulai dari segi AI terlebih dahulu, memang untuk saat ini platform Android tanpa AI itu bagaikan ngarep ingin balikan ke mantan tapi kenyataannya mantan kamu udah sama yang lain (hambar)! Tanpa adanya dukungan platform AI kamu tidak akan bisa merasakan berbagai hal baru seperti fitur keamanan terbaik, hasil foto yang lebih sempurna dan berbagai hal lainnya.

Untungnya, karena seri Qualcomm Snapdragon 710 termasuk ke dalam kategori prosesor kelas atas, maka Qualcomm menerapkan dukungan untuk platform AI di prosesor ini dan kamu bisa menikmati berbagai platform AI yang sama seperti pada seri Snapdragon 660 / 835 / 845.

 

Daya Tahan Terbaik + Dukungan QuickCharge 4+

via Legitreview

Untuk saat ini, seri Snapdragon 710 kabarnya merupakan seri prosesor dengan daya tahan terbaik dan kemampuan grafis yang terbilang lumayan. Berdasarkan informasi yang DroidPoin ketahui, perpaduan antara prosesor Snapdragon 710 + GPU Adreno 616 mampu menghasilkan kualitas performa dan grafis sebaik prosesor kelas atas (seri Snapdragon 8XX).

Lalu untuk masalah daya tahan, kabarnya seri Snapdragon 710 punya efisiensi daya yang jauh lebih baik (sekitar 30%) dibandingkan seri Snapdragon 660. Terlebih lagi, Qualcomm kabarnya menanamkan dukungan fitur QuickCharge 4+ untuk pengisian daya yang lebih cepat dan efisien.

 

Performa Hampir Setara Snapdragon 8XX

Untuk urusan performa, tampaknya kamu tak perlu lagi meragukan prosesor Qualcomm yang satu ini. Berdasarkan data dari berbagai situs benchmark, prosesor Snapdragon 710 ini punya posisi berada tepat dibawah Snapdragon 835 dan diatas seri Snapdragon 820 / 660.

Berikut ini adalah tes benchmark dari Qualcomm Snapdragon 710 di beberapa situs benchmark:

Jadi bagaimana, apakah kamu tertarik mencoba ponsel dengan prosesor Qualcomm Snapdragon 710 seperti Xiaomi Mi 8 SE atau Vivo Nex A? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

  Travel Adapter, Apa Gunanya?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.