via Nokia

HMD Global nampaknya akan segera menyiapkan dua smartphone Android Nokia untuk hadir di Indonesia. Kedua smartphone ini diketahui telah lulus uji sertifikasi di Indonesia. Nokia X kah?

Terdapat dua ponsel Nokia yang telah lulus Tingkat Kandungan Dalam Negeri (TKDN) Kementerian Perindustrian, yakni Nokia TA-1105 dan Nokia TA-1116. Keduanya lulus uji kandungan lokal sebesar 30.55 persen.

Baca Juga:

Permohonan TKDN kedua ponsel Nokia tersebut diajukan oleh PT. Infocus Consumer International Indonesia yang diketahui merupakan anak usaha Foxconn.

Diketahui, Nokia TA-1105 merupakan Nokia X5 yang disebutkan akan berubah nama menjadi Nokia 5.1 Plus saat dijual dipasaran internasional. Sedangkan Nokia TA-1116 merupakan Nokia X6 yang berganti nama menjadi Nokia 6.1 Plus sebagai varian internasionalnya.

Saat ini Nokia 6.1 Plus sudah mulai dipasarkan secara global, tapi untuk Nokia 5.1 Plus baru dijual terbatas di wilayah Tiongkok saja. Namun HMD Global menjanjikan akan menghadirkan versi globalnya. (Baca: Juho Sarvikas Pastikan Nokia X5 Versi Global)

Nokia 5.1 Plus dan Nokia 6.1 Plus merupakan smartphone dengan layar ‘berponi’ dari Nokia. Secara spesifikasi, Nokia 6.1 Plus lebih tinggi dibandingkan Nokia 5.1 Plus berkat prosesor Snapdragon 636, RAM 4GB, memori 64GB, dan fitur dual kamera belakang 16MP+5MP.

Sedangkan Nokia X5 menggunakan chipset MediaTek Helio P60, RAM 3GB/4GB, memori 32GB/64GB, dengan kamera belakang ganda 13MP+5MP.

Ukuran layar yang dimiliki keduanya sama-sama 5.8 inch, hanya saja ukuran ‘poni’ Nokia 6.1 Plus lebih kecil. Selain itu, karena merupakan versi internasional, Nokia 6.1 Plus juga menggunakan OS Android 8.1 Oreo dan tergabung di keluarga Android One.

So, kita nantikan bersama saja kehadiran kedua smartphone ini di Indonesia.

  Travel Adapter, Apa Gunanya?  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.