Tahap pre-order Samsung Galaxy Note9 sudah berakhir dan kini smartphone flagship andalan Samsung tersebut sudah mulai dipasarkan diberbagai toko yang ada di Indonesia baik itu online ataupun offline.

Baca juga:

Nah, buat kamu yang masih bingung apakah akan mengambil smartphone tersebut atau tidak? Pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan memberi tahukan 4 keunggulan dari Samsung Galaxy Note9 dan berikut ini adalah daftarnya:

S-Pen yang lebih powerfull

via PCWorld

Mungkin sudah banyak yang menduga bahwa S-Pen pada seri Galaxy Note9 akan lebih powerfull dari sebelumnya dan hal tersebut memang bukan hanya rumor semata. Pada saat diresmikan, Samsung langsung memamerkan kemampuan S-Pen terbaru pada seri Note9 dan hasilnya sangat luar biasa.

S Pen baru ini bisa berfungsi seperti remote bluetooth, untuk mengambil foto, play dan pause video YouTube, navigasi slide presentasi, dan keperluan lainnya. S Pen ini akan otomatis ke-charge begitu ditancapkan ke Galaxy Note 9 — dan hanya butuh waktu 40 detik saja untuk membuat baterainya penuh dengan penggunaan setengah jam lamanya. Samsung juga menyediakan SDK S-Pen bagi developer, sehingga nantinya developer bisa membuat aplikasi yang memanfaatkan S-Pen ini.

 

Mulai mengejar ketertinggalan pada AI

via Samsung

Di saat Huawei, LG dan berbagai OEM lain sudah menerapkan dukungan AI pada smartphone mereka, Samsung baru saja mulai terjun ke dunia tersebut. Untuk saat ini Samsung masih bisa dikatakan tertinggal oleh kompetitornya, namun dengan dukungan  resource besar yang dimiliki Samsung, tampaknya bukanlah suatu hal yang sulit bagi mereka untuk mengejar ketertinggalan pada dunia AI.

Bahkan pada sektor kamera, Samsung mengusung kecanggihan kamera Galaxy S9+ ke Galaxy Note 9. Ada dual kamera belakang 12MP dengan dual aperture, f1.5 untuk low-light dan f2.4 untuk kondisi cahaya cukup, membuat kamu bisa mengambil foto secara optimal baik di kondisi terang ataupun gelap. Kamera belakang ini dilengkapi OIS, bisa merekam super slow-mo hingga 960fps dalam resolusi HD. Sedangkan untuk kamera depan hanya bersensor 8MP saja.

Tapi dari sisi software, ada cukup banyak peningkatan. Ada fitur intelligent camera yang bakal memberi warning kalo foto yang kamu ambil blur, atau mata obyek sedang berkedip, jadi kamu bisa mengambil foto lain sekali lagi. Ada juga fitur scene recognition yang bakal mengenali lebih dari 20 skenario obyek, seperti makanan, hewan, jalan, pemandangan, dsb — lalu mengoptimasi warnanya sehingga bisa memberikan hasil jepretan yang terbaik.

 

Kapasitas baterai yang jauh lebih besar

via Cnet

Jika dibandingkan dengan seri Galaxy Note8 atau seri Galaxy S9+, Samsung Galaxy Note9 mengusung kapasitas baterai yang jauh lebih besar yakni 4000mAh!

Kapasitas tersebut hampir 20% lebih banyak jika dibandingkan dengan seri Note sebelumnya. Dengan dukungan baterai yang terbilang besar (untuk seri flagship), tentu saja hal tersebut akan sangat berguna bagi user sehingga mereka tak perlu sering-sering untuk men-charge smartphone Galaxy Note9 yang mereka gunakan dan menjadikan smartphone tersebut sebagai salah satu smartphone Android paling powerful saat ini — baik untuk produktivitas, hiburan, ataupun gaming.

 

Jadi smartphone gaming?

via 9to5Google

Dengan mengusung spesifikasi terbaik untuk tahun 2018, tentu saja seri Galaxy Note9 akan sangat mudah melibas game-game baru yang punya grafis oke. Terlebih lagi, baterai smartphone terbilang cukup besar untuk smartphone flagship.

Tapi yang harus kita garis bawahi adalah apakah dengan spesifikasi yang ditawarkan, Samsung Galaxy Note9 ini memang layak menjadi smartphone gaming?

Di atas kertas, memang smartphone yang satu ini bisa masuk ke dalam kelas smartphone gaming dengan mudah dan tidak hanya itu saja, perlu kamu ingat jika Epic Games selaku pengembang dari game Fortnite, pada awalnya hanya menguji game tersebut di seri smartphone Samsung terutama Galaxy Note9. Sehingga kamu gak perlu ragu lagi deh untuk bermain game di smartphone ini, walaupun memang belum ada aksesoris untuk gaming seperti para kompetitornya.

Nah, itu dia tadi 4 keunggulan Samsung Galaxy Note9 menurut DroidPoin. Kalau menurutmu gimana? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.