via Vizileaks

Beberapa tahun sempat digenggam oleh Microsoft, HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia di smartphone mengakuisisi paten teknologi PureView yang dulu digunakan di kamera. Bakal dongkrak kamera Android Nokia?

Informasi ini muncul dalam laman EU Intellectual Property Office Eropa yang menyebutkan paten PureView kini sudah menjadi milik HMD Global sejak 23 Agustus 2018 lalu.

Teknologi PureView ini menawarkan kualitas hasil foto yang baik bahkan saat di zoom berkat rapatnya pixel. Teknologi pertama kali digunakan pada ponsel Symbian, Nokia 808 PureView tahun 2012 lalu. Ponsel ini memiliki jumlah pixel yang monster (bahkan masih belum dapat dikalahkan di kamera smartphone) yakni 41MP.

Setelah Nokia memutuskan tak lagi memakai Symbian, teknologi kamera ini digunakan di smartphone Windows Phone Nokia Lumia seperti di Lumia 930, hingga Lumia 1020 dengan kamera 41MP.

Teknologi PureView kemudian menjadi milik Microsoft sebagai bagian kesepakatan dibelinya bisnis Device and Service Nokia pada 2014 lalu, dan digunakan di Microsoft Lumia 950.

Dengan dibelinya teknologi kamera ini, mengartikan teknologi ini bakal digunakan pada smartphone Android dari Nokia di masa mendatang.

Selain memiliki paten PureView, HMD Global juga mempatenkan merek “Dual Sight” yang merupakan fitur penggunaan kamera depan dan belakang secara bersamaan dalam satu layar.

Sebelumnya HMD Global juga telah mematenkan merek “Asha” dan “Xpress-on Cover” dimana Xpress-on Cover sudah diterapkan sebagai aksesoris casing Nokia 1. Sedangkan Asha diduga akan menjadi ponsel fitur yang mendekati sebuah smartphone, seperti halnya seri Nokia Asha dulu.

Kita tunggu aja kiprah PureView di HMD Global ini..

via NPU

  Unboxing Zenfone Max Pro M2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.