Jika kamu adalah orang yang suka dengan komunitas custom ROM dan Root, kamu pasti familar dengan Open GApps. Sepaket layanan Google (Play Store, Play Service, dkk) yang biasanya diflash melalui recovery setelah kamu menginstal custom ROM. Setelah source code dari Android Pie dirilis, banyak custom ROM baru berbasis Android Pie. Namun saat itu layanan Google dikemas dalam bentuk GApps unofficial. Hingga pada tanggal 6 September lalu, GApps akhirnya merilis versi resminya.

Lantas apa kelebihan dari versi resmi ini? Yang pertama, jelas versi resmi adalah versi yang stabil. Kedua, kamu bisa memilih GApps yang paling cocok dengan smartphonemu. Kamu bisa memilih berdasarkan jenis prosesor yang kamu pakai, versi android, sampai paket layanan Google yang termuat dalam satu zip. Misal, versi “pico” membawa layanan Google paling minimal, dimana pada versi ini setidaknya kamu bisa menggunakan layanan Google dan mengakses Google Play tanpa ada aplikasi tambahan dari Google lainnya. Lalu ada versi “stock” dimana kamu mendapatkan layanan Google serupa seperti saat kamu membeli perangkat Android One atau Nexus. Adapun versi “aroma” dimana memuat semua versi, lalu kamu bisa memilih versi yang kamu mau melalui custom recovery.

Jika kamu berminat untuk megunduh GApps versi resmi ini, kamu bisa mengikuti link yang tersedia di akhir artikel. Jangan lupa perbarui custom Recoverymu jika kamu mau memasang Android Pie dan GApps terbaru. Karena beberapa versi TWRP lama tidak mendukung Android Pie.

Download Open GApps

via Android Police

  Wajib Kamu Tahu  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.