Sudah dua hari ini saya menggunakan MIUI 10 Final, dan di video ini bakal saya bagikan pengalaman pake MIUI 10, mulai dari performa, fitur baru, sampai kelebihan dan kekurangannya. Pastikan tonton video review MIUI 10 Final ini sampe habis karena di akhir kita bakal dibahas kekurangan MIUI 10 Final, yang cukup menggangu.

NB: Pastikan subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno terupdate setiap hari.


Bagi kamu yang lebih suka membaca review MIUI 10 Global Stable daripada menonton video review MIUI 10 diatas, berikut ini DroidPoin sertakan versi artikelnya.

Performa MIUI 10

Performa MIUI 10 final lebih mulus dari MIUI 9. Kalo sebelumnya kamu pake MIUI 10 Beta, versi final ini udah jauh lebih lancar, baterainya juga lebih awet. Dan di mi 5, masalah gampang panas yang di MIUI 9 cepet banget naik, sekarang udah lebih mendingan.

Jadi dari sisi performa, memang ada peningkatan dibanding MIUI 9 sebelumnya. Dan kamu nggak perlu ragu, untuk upgrade ke MIUI 10 final ini.

Tampilan Baru MIUI 10

Dari sisi tampilan, jujur aja ini adalah tampilan MIUI paling keren, menurut saya. Sebelum2nya saya nggak begitu suka MIUI, karena tampilannya terkesan berantakan, terutama pada bagian notifikasi.

Tetapi kalo kamu lihat, tampilan MIUI 10 ini rapi banget, keliatan bersih dan elegan. Animasinya juga smooth. Melihat notifikasi sekarang jadi rapi gak amburadul seperti dulu, begitu juga dengan quick action. Dan slider brightness jadi lebih cantik interaktif.

Tampilan settings juga lebih bersih dengan icon yang lebih simpel. Jadi dari sisi tampilan peningkatannya sangat jelas kerasa.

Fitur Baru MIUI 10

Dan sekarang ngomongin fitur baru, ada beberapa fitur baru yang saya suka, pertama tampilan recent apps dirombak total. Ini ternyata enak banget buat pindah antar aplikasi, kesannya kayak timeline, dan nemuin recent apps jadi lebih mudah dan cepat dengan tampilan baru ini.

Tinggal swipe Kiri kanan aja kalo mau close, atau tap tahan utk munculin menu seperti lock atau split view. Enak banget.

Fitur baru lain ada portrait mode, baik di kamera belakang dan kamera depan. Jadi meskipun hape kamu single camera ya, tapi bisa jepret foto Bokeh sekarang. Hasilnya lumayan sih, meskipun ya gak bisa sebagus kalo dual camera ya, tapi udah lumayan banget. Sayangnya nggak semua seri Xiaomi kebagian fitur portrait camera ini, cek di deskripsi utk daftar lengkap Xiaomi yang kebagian fitur Bokeh ini.

Hasil Jepretan Portrait Kamera Xiaomi

Sebenarnya hasil jepretan portrait kamera Xiaomi ini mau saya sertakan di video, tetapi ketinggalan, jadi maafkan kelalaian saya. Untuk itu berikut saya sertakan hasil jepretan fitur portrait kamera di Mi 5 yang hanya dilengkapi single camera.

Selanjutnya ada volume slider baru seperti di android pie, dan ini default nya langsung jadi slider volume media, jadi kamu bisa atur cepat dengan swipe aja.

Dan dibawahnya ada menu silent instan, yang kalo kamu tap more, bakal muncul setting silent dan do not disturb, nah yang saya suka dari fitur ini itu ada count down nya. Jadi kamu bisa atur mau silent atau do not disturb selama berapa lama, maksimal sampai delapan jam, untuk akhirnya non-aktif secara otomatis.

Fitur baru lain di MIUI 10, ini fitur yang udah ada di Android Oreo sejak lama benernya, tapi di MIUI 9 beberapa seri Xiaomi blm bisa make, dan sekarang sudah diusung ke MIUI 10. Pertama ada picture in picture, jadi ini beda dengan split view ya. Picture in picture ini window aplikasi bakal ditampilkan kecil secara overlay, Dan ini tampil terus, bisa kamu geser kemana mana, dan tetap tampil meskipun kamu buka aplikasi lainnya. Nggak semua aplikasi support picture in picture ini.

Dan fitur kedua adalah autofill, jadi sekarang kamu bisa login ke aplikasi android lebih mudah, karena username dan password bakal diisikan otomatis sesuai dengan data yang tersimpan di google.

Selanjutnya screen recording sekarang bisa merekam system sound, jadi kamu bisa merekam gameplay ataupun video dengan menyertakan audionya. Tapi silakan di cek apakah di Xiaomi kamu kebagian fitur ini, karena beberapa pengguna pernah share di komen kalo fitur ini gak ada di hape Xiaomi mereka.

Dan terakhir kalo kamu punya Xiaomi full view, ada beberapa gesture baru yang ditambahkan, tapi maap banget saya gak bisa coba ini karena gak punya Xiaomi full view, jadi silakan eksplorasi sendiri di pengaturan gestur.

Kekurangan MIUI 10

Nah sekarang sampailah kita di segmen terakhir, dimana kita bakal membahas kekurangan MIUI 10, dan apa yang nggak enak di MIUI 10 ini.

Pertama, MIUI 10 ini makin banyak iklannya. Di atas widget ini selalu muncul iklan, entah iklan Tokopedia, iklan mi credit, dan yang lainnya. Selain itu saat mainin musik di aplikasi music, iklannya juga gencar banget. Ada iklan grab Gedhe banget, iklan travel, dan iklan macem-macem. Kedepannya kalo ada kesempatan saya bakal bagikan cara ngilangin iklan di MIUI 10.

Dan kekurangan kedua, kalo sebelumnya saat di swipe keatas munculin google search, di MIUI 10 sekarang kalo di swipe malah munculin mi browser search. Jadi kamu gak bisa cari aplikasi disini, cuman bisa browsing browsing aja. Ini juga nggak enak banget, seandainya aja Xioami menanamkan pencarian aplikasi saat di swipe keatas mungkin bakal lebih berguna.

Jadi dua hal itu yang paling mengganggu di MIUI 10 adalah iklan dan search gesture dari mi browser.

Sampaikan di kolom komentar Kalo kamu udah update ke MIUI 10 dan punya pengalaman menarik untuk dibagi, sampai disini dulu video kali ini, pantengin terus DroidPoin dan Kepoin Tekno untuk tips seputar Android setiap hari.