via Phone Arena

Semakin hari desain smartphone makin beragam, tapi ada satu hal yang harus digaris bawahi dari beragamnya desain smartphone tersebut. Yups, betul sekali, makin kesini smartphone dengan layar lebih dari 5,5-inch makin menjamur, terlebih lagi bagi ponsel yang menggunakan layar dengan rasio 18:9.

Kira-kira, bagaimana nasib smartphone dengan layar kecil (berdesain compact)? Apakah masih ada harapan untuk ke depannya? Nah, pada kesempatan kali ini, DroidPoin akan coba membahas hal tersebut.

Bagaimana nasib smartphone dengan desain Compact?

via Alphr

Kalau menurut pandangan DroidPoin, ponsel dengan desain compact tampaknya masih memiliki harapan di dunia smartphone saat ini dan mungkin akan bertahan selama beberapa tahun ke depan karena ponsel dengan desain tersebut memiliki market tersendiri sama seperti feature phone.Β Ya, walaupun saat ini ponsel dengan desain tersebut memang cukup sulit ditemukan, karena rata-rata OEM sudah menggunakan rasio layar 18:9 yang mana membuat rata-rata layar smartphone lebih dari 5,5-inch.

Apa masalah yang dihadapi ponsel berdesain compact?

via Phone Arena

Seperti yang sudah DroidPoin sampaikan sebelumnya, yang menjadi masalah tentu saja adalahΒ OEM yang menyediakan perangkat tersebut, dimana belakangan ini cuma ada beberapa OEM ponsel besar saja yang menyediakan smartphone compact sebut saja misalnya Samsung, Sony dan Apple. Pertama-tama, mari kita coret Samsung dari daftar, karena ponsel compact yang mereka tawarkan biasanya merupakan seri low-end dengan spesifikasi pas-pasan yang mungkin kamu sendiri tak ingin menggunakannya.

Jadi, DroidPoin berpendapat untuk saat ini cuma ada 2 OEM yang masih memproduksi ponsel compact yakni Apple dengan iPhone 6 / 7 / 8 / SE dan Sony dengan lini Xperia Compact. Untuk Apple, tampaknya mereka sudah tak akan lagi merilis seri iPhone 6 / 7 / 8 / ataupun iPhone SE generasi ke-2, karena mereka tampaknya sudah fokus pada iPhone XS, XS Max dan XR yang baru saja diresmikan beberapa waktu lalu. Sehingga, cuma Sony yang masih mempertahankan desain ponsel tersebut.

 

Apa kerugian dan kelebihan smartphone dengan desain compact?

Tentu saja, perangkat dengan desain compact memiliki beberapa kerugian seperti layar yang lebih kecil sehingga penggemar multimedia dan gaming tidak akan puas. Jauh lebih mudah dan asyik untuk menonton konten multimedia di YouTube dan Netflix dengan ponsel yang lebih besar, begitu pula untuk bermain game. Tapi ada pula beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan ponsel dengan desain compact salah satu diantaranya adalah mudah kamu selipkan dimana saja, sehingga bisa kamu bawa dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa mengoperasikan ponsel tersebut dengan satu tangan, hal yang sulit untuk kamu jumpai belakangan ini!

 

Apa kita akan melihat smartphone dengan desain Compact kembali?

via The Verge

Dalam waktu dekat, tampaknya kita tak akan melihat smartphone dengan desain compact karena Sony sudah merilis seri Xperia XZ2 Compact pada event MWC tahun ini dan mungkin suksesor baru ponsel Xperia XZ2 Compact baru akan hadir tahun depan, tapi jangan berhenti berharap siapa tahu saja ada kejutan yang tengah disiapkan oleh OEM lain.

Itulah sedikit pembahasan mengenai masa depan dari smartphone dengan desain compact menurut DroidPoin. Bagiamana dengan pendapatmu, apakah masih ada harapan untuk smartphone dengan desain compact dimasa mendatang?

Silakan berikan pendapatmu mengenai hal ini di kolom komentar. πŸ™‚

  Poco F1 vs Mi 6x vs Huawei Nova 3i  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.