Mungkin kamu bertanya-tanya apa itu Android One? apa kelebihan Android One? Dan apa bedanya dengan Android yang hadir di berbagai smartphone lainnya? Di video ini kita bakal bahas semua.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari


Lebih suka baca daripada nonton video penjelasan apa itu Android One diatas? Berikut DroidPoin sertakan ulasannya dalam format artikel.

Pertama harus kamu pahami bahwa ekosistem Android emang rada complicated, nature Android yang open source membuat membuat banyak manufaktur merilis perangkat mereka dengan custom Android buatan mereka sendiri, serta dengan tampilan dan aplikasi bawaan mereka juga. Katakanlah Xiaomi dengan MIUI, Samsung dengan Samsung Experience, lalu OnePlus dengan Oxygen OS, atau Huawei dengan EMUI nya.

Masing-masing smartphone buatan manufaktur ini jadi punya aplikasi bawaan yang berbeda, experience yang berbeda, dan tampilan yang juga berbeda. Update nya pun juga berbeda, ada manufaktur yang rajin rilis update — tapi ada juga yang lama, atau bahkan jarang rilis update.

Apa itu Android One

Apa itu Android One — dan Apa Kelebihan Android One..?

Android One sebenarnya adalah program dari Google yang merangkul manufaktur untuk merilis smartphone dengan standar yang sudah ditentukan Google. Jadi kalo ada ponsel Android One, maka dipastikan hadir dengan pure Android experience, built-in dengan aplikasi Google, nggak ada bloatware dan duplicate apps dari manufaktur, nggak ada skin aneh-aneh, dan services aneh2 lain — kecuali yang memang sudah ditanamkan oleh Google.

Tujuannya adalah menghadirkan smartphone dengan experience Android sesuai dengan standard Google. Jadi semua ponsel Android One yang dirilis oleh manufaktur apapun bakal memiliki experience dan tampilan Android yang sama, begitu juga dengan aplikasi bawaannya.

Jadi jangan salah ya, Android One ini bukan versi dari Android seperti Android Oreo, Android Pie, dan sebagainya — tetapi merupakan sebutan bagi smartphone yang menghadirkan experience Android sesuai dengan standar Google di program Android One.

Kelebihan Android One

Lalu apa kelebihan Android One dibanding dengan custom Android besutan manufaktur lainnya?

Pertama tentu adalah experience dari Pure Android yang simple, cepat, nggak aneh-aneh. Dan karena experience yang cenderung sama, saat kamu beralih dari satu device Android One ke device Android One lain, pasti bakal langsung familiar.

Kedua adalah tidak adanya bloatware apps dan duplicate apps. Kalo kamu pernah beli ponsel Samsung misalnya, udah ada aplikasi Photos masih ada aplikasi Gallery, udah ada play store masih ada samsung store, dan seterusnya. Di Android One kamu gak bakal nemuin duplicate apps kayak gini, karena aplikasi bawaan hanyalah aplikasi dari Google, tanpa ditambah aplikasi buatan manufaktur lainnya. Jadi hape Android One cenderung bebas bloatware.

Ketiga adalah performa, karena dengan tampilan simple pure Android, minim bloatware, dan minim services yang aneh-aneh dari manufaktur, maka ponsel Android One bisa punya performa lebih baik daripada ponsel yang menggunakan ROM custom manufaktur yang optimasinya kurang begitu baik.

Keempat ada jaminan update yang lebih baik, meskipun pada prakteknya beberapa manufaktur Android One merilis update mayor yang lambat, tetapi Google menjamin ponsel Android One bakal rutin dapet security updates, sehingga dijamin lebih aman dari beberapa manufaktur yang mungkin malas merilis update.

Tetapi banyak kelebihan bukan berarti nggak ada kekurangan. Beberapa Android custom manufaktur seperti MIUI, Samsung Experience, dan yang lainnya punya fitur ekstra seperti duplicate apps, hidden apps, dll — yang mungkin nggak ada di Android One.

Nah itulah dia penjelasan tentang apa itu Android One, beserta kelebihan dan kekurangannya, semoga bermanfaat. Sampaikan aja di kolom komentar kalo kamu punya tambahan atau pertanyaan seputar Android One.