Di seri headline tekno kali ini kita bakal ngomongin rangkuman kabar trending dalam seminggu terakhir. Ada Xiaomi yang bikin ulah dengan merilis dua flagship Android 10GB RAM dalam satu bulan sekaligus, lalu karena tertarik popularitas TikTok, Facebook bikin TikTok sendiri. Serta kabar tekno lain yang sayang banget untuk dilewatkan.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari

Xiaomi Rilis 2 Hape 10GB RAM

Ngomongin specs hape Android seperti gak ada habisnya. Sebelumnya Oppo dikabarkan bakal rilis Oppo Find X dengan 10GB RAM, tapi ternyata batal. Dan yang mewujudkan malah Xiaomi yang merilis bukan cuman satu, tapi dua hape 10GB RAM sekaligus dalam satu bulan.

Pertama ada ponsel gaming Blackshark Helo yang diperkenalkan minggu lalu dengan varian tertinggi punya 10GB RAM dan 256GB storage. Lalu yang kedua ada Mi Mix 3, yang selain gak punya notch, varian tertingginya juga pake 10GB RAM dengan 512GB storage.

Ini membuat standar dari flagship Android meningkat, dan beberapa brand udah mulai menjadikan 10GB RAM sebagai target flagship mereka selanjutnya. Salah satunya Nubia yang bakal merilis flagship Nubia Red Magic 2 dengan 10GB RAM. Di 2019 bakal lebih banyak lagi flagship Android dengan 10GB RAM yang kita temui, sampaikan aja di kolom komentar apakah menurut kamu hape 10GB RAM emang diperlukan atau malah terlalu besar dari yang seharusnya.

Facebook Bikin “TikTok” Sendiri

Kabar kedua datang dari Facebook yang kabarnya bakal bikin TikTok sendiri dengan nama Lasso. Jadi nantinya di Lasso ini kamu bisa joget dan nyanyi lagu-lagu populer, mirip seperti TikTok, yang emang ditujukan buat kalangan anak muda. Pengen populer kayak bowo TikTok, coba aja peruntungan kamu di Facebook Lasso sesudah dirilis nanti.

Laptop Layar Tekuk Samsung

Kabar ketiga datang dari Samsung yang menyatakan bakal membuat laptop layar tekuk. Layar tekuk laptop ini nggak cuman sekedar bisa ditekuk aja, tetapi menambah value dan meningkatkan user experience. Samsung juga yakin kalo laptop layar tekuknya ini bakal mengubah trend laptop kedepannya.

Apple & Samsung Kena Sanksi

Kabar keempat, datang dari Apple sekaligus Samsung. Karena ternyata bukan cuman Apple, tetapi Samsung juga dianggap sengaja memperlambat performa smartphone lama, melalui update yang dirilis, agar pengguna tertarik upgrade ke seri yang lebih baru. Di Italia baik Apple ataupun Samsung masing-masing didenda 5 juta euro — atau sekitar 87 miliar rupiah.

Jaminan Update Android

Kabar kelima menjadi kabar gembira buat semua pengguna Android, khususnya pengguna seri smartphone populer, karena dari detail kontrak dengan manufaktur, Google mewajibkan brand untuk rutin merilis patch update selama 2 tahun. Jadi di setiap akhir bulan, smartphone Android wajib terlindungi dari bug yang ditemukan Google lebih dari 90 hari lalu. Artinya keamanan smartphone android bakal semakin terjamin, karena kalo brand sampe mangkir dari aturan ini, smartphone selanjutnya bisa ditolak oleh Google. Tapi nggak semua device masuk dalam kontrak ini, untuk yang masuk maka semuanya wajib mendapatkan update mulai dari 31 Januari 2019 nanti.

Itulah dia rangkuman 5 headline tekno dalam seminggu terakhir, semoga bermanfaat dan bikin kamu tetep up to date, sampai disini dulu video kali ini, jangan lupa subscribe channel Kepoin Tekno untuk info menarik seputar teknologi setiap hari.