Kemarin Poco F1 baru aja kedatangan update Android Pie melalui MIUI 10 Global Beta versi 8.11.15. Saya udah install dan coba seharian penuh, dan buat kamu yang penasaran seperti apa Android Pie di Poco F1 dan apa saja fitur barunya, di video ini kita bakal bahas semua.

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno untuk tips dan info tekno menarik setiap hari.

1. Berbasis Android Pie

Setelah update ke MIUI 10 Global Beta terbaru, basis Android yang digunakan sudah berbasis Android Pie atau Android 9. Ini artinya sekarang kamu sudah menggunakan versi Android yang paling baru.

2. Belum Ada Fitur Unggulan Android Pie

Di update kali ini, berbagai fitur unggulan Android Pie belum dihadirkan ke Poco F1. Fitur baru seperti adaptive brightness belum ada, kemudian fitur digital wellbeing seperti do not disturb yang baru, wind down, AI battery management, dll juga nggak ada disini. Pertama mungkin karena ini masih beta, jadi fitur unggulan Android Pie belum sempat ditanamkan disini — atau kedua, mungkin memang fitur tersebut tidak akan ditanamkan karena memang Poco F1 ini meskipun nantinya berbasis Android Pie, tetapi tetap menggunakan MIUI 10 dengan fitur-fitur yang juga khusus di MIUI 10. Kita bakal lihat terus perkembangannya nanti.

3. Tampilan Sama

Secara tampilan tidak ada yang berbeda antara MIUI 10 saat masih berbasis Oreo dengan yang sudah berbasis Android Pie. Karena sekali lagi, Android Pie disini hanya basisnya saja, tapi untuk tampilan dll tetap dari MIUI 10 sendiri.

Tampilkan Notification Icon

Ini sepertinya adalah fitur baru, jadi kalo kamu buka pengaturan notifikasi, sekarang kamu bisa mengaktifkan notification icon yang bakal tampil di pojok kiri atas.

Masih Ada Bug

Karena masih beta, masih ada juga beberapa bug dan keanehan yang ada di MIUI 10 Android Pie. Misalnya kalo kamu lihat di icon indikator, ada yang sudah putih, ada yang masih hitam, ada yang campuran hitam putih seperti di icon baterai, dsb. Jadi redesign nya masih belum sepenuhnya selesai.

Performa

Meskipun masih beta, tapi di MIUI 10 Android Pie ini performa Poco F1 lebih kencang dari sebelumnya. Ini juga sesuai dengan hasil benchmark, sebelumnya Poco F1 saya ini dapet score benchmark 244 ribuan di antutu, tapi setelah update ke global beta terbaru ini, score nya naik jadi 271 ribuan.

Tapi dari sisi animasi, sesekali masih terlihat kasar, kemudian saat dipakai untuk task berat juga lebih cepat panas dari sebelumnya, jadi saya tidak merekomendasikan kamu untuk install MIUI 10 Global Beta berbasis Android Pie ini kalo Poco F1 nya kamu pake buat keperluan harian. Tunggu aja dulu beberapa versi kedepan sampe dirilis versi yang performanya lebih baik dari ini.

Dan buat kamu yang penasaran, porting Google Camera dengan fitur night sight masih jalan lancar, jadi kalo kamu pake google camera port, nggak perlu khawatir.

Bagi kamu yang tertarik menginstall Android Pie di Poco F1, bisa langsung saja download dan install MIUI 10 Global Beta 8.11.15 disini (Fastboot). Atau kalau saat ini Poco F1 kamu sudah di MIUI 10 Global Beta, maka tinggal update saja langsung melalui updater.

Itu dia review Poco F1 Android Pie di MIUI 10 Global Beta 8.11.15 semoga bermanfaat. Sampaikan di kolom komentar kalo kamu punya pendapat atau pertanyaan seputar Poco F1 Android Pie ini.