Dalam kurun waktu singkat, MediaTek sudah merilis cukup banyak seri prosesor baru dan kemarin mereka kembali merilis satu lagi prosesor baru! Prosesor buatan MediaTek tersebut dipercaya sebagai prosesor yang paling cerdas karena dukungan AI yang begitu powerfull dan juga menyeluruh.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan prosesor buatan MediaTek Helio P90, berikut inin adalah informasi lengkapnya:

MediaTek Helio P90 bisa dibilang adalah suksesor dari Helio P70 yang diresmikan bulan November kemarin, prosesor ini menggunakan fabrikasi 12nm dengan komposisi prosesor octa-core (2x Arm Cortex-A75 @2.2GHz + 6x Arm Cortex-A55 @2.0GHz) dan tak ketinggalan juga dukungan GPU PowerVR GM 9446. Sebenarnya bukan itu yang menjadi daya jual prosesor ini, melainkan adalah adanya dukungan AI yang begitu powerful dimana AI pada prosesor tersebut berhasil mencatatkan skor 1127 GMACs (sebagaimana yang di informasikan MediaTek) dan itu 4x jauh lebih powerful dibandingkan seri MediaTek Helio P70.

Lalu ada satu hal menarik dari prosesor ini, sebagaimana yang sudah di informasikan oleh MediaTek, prosesor teranyar miliknya sudah mendukung resolusi Full HD+ (2520 x 1080) dengan rasio layar 21:9. Itu tandanya, ke depan bakal makin banyak smartphone dengan desain yang ramping dan panjang, sebagai contohnya kamu bisa lihat render dari Xperia XZ4.

Selanjutnya kita masuk ke sektor kamera, prosesor MediaTek yang satu ini sudah mendukung sensor kamera super-sized berukuran 48MP (entah itu sensor kamera milik Samsung ataupun Sony) atau juga bisa menggunakan dual kamera setup dengan konfigurasi 16MP + 24MP. Untuk kamera selfienya sendiri masih belum diketahui, tapi pastinya bakal jauh lebih baik dari seri prosesor sebelumnya.

Tapi sangat disayangkan, MediaTek masih belum menerapkan dukungan 5G pada modem prosesor yang satu ini. Tapi itu tidak masalah, karena kamu tetap bisa menikmati jaringan 4G yang tak kalah cepat, plus kamu juga mendapatkan dukungan Bluetooth 5.0.

Untuk saat ini belum ada informasi detail terkait kapan prosesor tersebut akan tersedia di pasaran, hanya saja berdasarkan bocoran informasi terbaru yang DroidPoin terima, ponsel pertama yang menggunakan chipset MediaTek Helio P90 akan tersedia pada Q1 2019.

So, mari kita nantikan saja detailnya beberapa waktu ke depan dan untuk kamu yang masih penasaran dengan prosesor tersebtu, kamu bisa cek langsung di website MediaTek.

via MediaTek

  12+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Edge Chromium  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.