Tsutomu Sato, Direktur Global Product Marketing Sony Mobile

Buat kamu pengguna ponsel Android buatan Sony, pastinya kamu punya kesan tersendiri dalam penggunaan harian. Contohnya saja yang paling berkesan (kalau menurut saya) adalah adanya fitur tema di ponsel Xperia, fitur tersebut membuat ponsel kamu terlihat jauh lebih keren karena adanya berbagai tema ekskusif yang tak akan kamu dapatkan di ponsel Android manapun!

Tapi, semua hal baik tampaknya harus berakhir dan Sony pun sudah mengumumkan (terlihat sangat jelas) jika seri Xperia selanjutnya (dimulai dari XZ3), tidak akan mendapatkan dukungan serupa. Mungkin karena hal itulah (inkonsistensi dari masalah software) serta sulitnya menemukan perangkat Sony baru membuat sebagian orang lebih memilih menggunakan brand tetangga. Apalagi ponsel Android buatan Sony tergolong mahal yah, seri mid-end saja mungkin memiliki harga yang setara dengan seri flagship produk tetangga.

Nah, ngomongin soal Sony, tahukah kamu jika saat ini bisnis ponsel Sony tampaknya sudah cabut dari pasar Asia Tenggara? Yups, tampaknya bisnis ponsel milik Sony sudah sepi peminat di kalangan masyarakat Asia Tenggara, bahkan di Indonesia sendiri mereka sudah tak merilis seri baru sejak Xperia Z5 diresmikan beberapa tahun yang lalu.

via Sony Vietnam

Untuk memperkuat dugaan jika Sony Xperia memang benar sudah cabut dari wilayah Asia Tenggara, kamu bisa cek di berbagai website Sony dan pastinya kamu menemukan satu hal yang sama dengan DroidPoin. Itu adalah tidak adanya lagi update tentang ponsel Xperia baru baik itu untuk wilayah Malaysia, Singapura, Thailand dan Vietnam. Seri terakhir yang mereka jual adalah Xperia XZ2 Premium yang diperkenalkan pada April tahun lalu dan belum ada tanda-tanda jika seri Xperia XZ3 akan dijual di ke-4 wilayah tersebut.

Tampaknya, untuk saat ini Sony hanya akan lebih fokus di pasar yang mereka anggap kuat seperti wilayah Jepang, Eropa, China / Taiwan dan mungkin wilayah Amerika (tapi untuk wilayah yang disebut terakhir, mereka tidak akan benar-benar push hingga 100%). Mungkin, langkah tersebut diambil untuk menekan angka kerugian yang terus hadir pada smartphone Sony Xperia beberapa tahun terakhir.

So, bagaimana tanggapan kamu mengenai hal ini? Silakan berikan pendapamu di kolom komentar.

via Xperia Blog

  Asli, Galaxy Fold Ini Keren Banget!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.