HMD Global Dapatkan Merek Asha dari Microsoft — Siap Rilis Nokia Asha Generasi Baru?
via Matridox

HMD Global berhasil membangkitkan ponsel Nokia dengan menggunakan OS Android sejak 2 tahun lalu, dimana ponsel pertama yang mereka perkenalkan adalah seri Nokia 6. Walaupun merupakan generasi pertama dari Nokia di bawah naungan HMD Global,  build quality Nokia 6 sangatlah baik dan mendapatkan apresiasi yang cukup banyak dari berbagai kalangan, begitu juga untuk softwarenya karena mereka menggunakan skin Android yang minim kustomisasi mirip seperti “Pure Android”.

Nah, ngomongin soal Nokia, tahukah kamu jika sebenarnya mereka tidak hanya akan merilis ponsel Android saja di tahun ini, tetapi ada juga tablet dan smartwatch loh! Tapi sangat disayangkan, hal tersebut tampaknya batal terealsiasi dikarenakan sebab yang belum jelas. Bisa saja proyek tersebut bakal dilanjutkan di lain waktu, tapi tidak dalam jangka waktu yang dekat (mungkin beberapa tahun ke depan).

Kalau menurut pendapat DroidPoin, proyek tersebut (smartwatch dan tablet) dibatalkan karena HMD Global (Nokia) ingin lebih fokus di bisnis smartphone miliknya, karena saat ini mereka bisa dikatakan harus mulai kembali dari 0. Belum lagi, tahun ini rencananya mereka akan merilis seri ponsel flagship yang sesungguhnya (kemungkinan besar adalah seri Nokia 9 PureView).

Sebagai tambahan informasi untuk kamu, Nokia 9 PureView dipercaya bakal hadir dengan layar beresolusi 2K seluas 5.99-inch dan sudah mendukung HDR10. Tidak seperti ponsel Android kebanyakan yang menggunakan notch, Nokia 9 PureView dipastikan hadir tanpa poni apapun sehingga hampir bisa dipastikan jika Nokia 9 PureView bakal memiliki rasio layar 18:9. Sayangnya, ponsel tersebut tidak mengadopsi desain layar 3D yang membuat sisi-sisinya melengkung seperti di Nokia 8 Sirocco.

Untuk spesifikasinya, smartphone ini bakal ditenagai oleh prosesor dengan chipset Snapdragon 845, internal berkapasitas 128GB dan RAM sebesar 6GB. Yang paling menarik tentu saja adalah konfigurasi 5 kamera utama dari ponsel tersebut!

So, bagiamana pendapatmu dengan proyek (smartwatch dan tablet) yang dibatalkan oleh HMD Global, apakah kamu tertarik jika suatu saat dirilis?

via Twitter (@nokia_anew)

  Review Samsung Galaxy Watch Active 2  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.