Perlahan tapi pasti, dimulai oleh Apple di seri iPhone X yang kemudian diimplementasikan oleh beberapa OEM yang menggunakan Android misalnya saja ada Xiaomi, Huawei dan yang lainnya, kini fitur keamanan seperti Face ID tampaknya sudah menjadi sebuah keharusan dan mungkin itu yang coba Google manfaatkan di Android Q.

Untuk saat ini, Android Pie memang belum mendukung fitur tersebut, hanya saja beberapa OEM berhasil mengakalinya karena mereka (para OEM) menggunakan ROM Android yang dikustomisasi sesuai dengan keinginannya, sehingga mempermudah mereka untuk terus mengembangkan berbagai fitur baru tanpa harus terfokus pada versi Androidnya sendiri.

Nah, berdasarkan informasi terbaru yang baru saja DroidPoin dapatkan, ternyata di Android Q nanti, Google sepertinya sudah memberikan dukungan fitur keamanan Face ID secara native (dukungan penuh), itu tandanya perangkat yang menggunakan stock ROM seperti ponsel Android buatan Google dan juga Android One (mungkin juga Android Go) bakal bisa menikmati fitur sejenis Face ID jika memang OEM menginginkannya.

Left: Rounded rectangle icons. Center: Rubik font. Right: Purple accent | via XDA Developer

Tak hanya itu saja, Face ID yang ada pada Android Q nanti akan benar-benar mirip seperti yang ada pada iOS dimana kamu bisa menggunakan fitur keamanan tersebut untuk melakukan pembayaran melalui ponsel kamu! Dan perlu kamu tahu di Android Q nanti, bukan hanya faktor keamanan saja yang coba ditingkatkan oleh Google, kabarnya versi Android terbaru itu juga bakal mendukung banyak sekali kustomisasi pada bagian tampilan seperti perubahan font, ikon dan juga accent color.

Untuk informasi yang lebih lengkap, mari kita nantikan saja bersama ketika Android Q sudah diresmikan pada bulan Agustus mendatang atau kamu bisa mencoba versi Beta dari Android Q build yang pertama pada bulan Maret/April mendatang.

So, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via 9to5Google | XDA Developers

  Banyak Fitur Tersembunyi di VIVO V15 dan VIVO V15 Pro  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.