Sebenarnya sudah bukan rahasia dan merupakan hal yang cukup jelas kalau aplikasi buatan Google sangat populer di Android. Tetapi, meskipun pada Januari 2019 ini Google mendominasi pasar aplikasi Android, ada hal yang cukup menarik untuk disimak. Pertama, mari kita perhatikan daftar 10 aplikasi paling populer di Januari 2019 ini.

Hal yang paling menarik adalah menurunnya jumlah pengguna aktif dari Maps, YouTube, Chrome dan Google. Penurunan penggunanya mencapai lebih dari 500 ribu orang, mengingat data yang digunakan terbatas pada pengguna smartphone di US. Padahal aplikasi-aplikasi Google di US memiliki fitur-fitur eksklusif yang tidak tersedia di negara lain, contohnya YouTube Music. Pengguna Maps juga menurun karena banyak yang beralih ke Waze.

Sebaliknya, peningkatan tertinggi ada pada Google Drive dan Gmail. Google Drive tahun ini menawarkan harga baru yang lebih murah untuk kapasitas rendah melalui Google One. Sedangkan Gmail naik karena banyaknya aplikasi email pihak ketiga yang tutup. Google bahkan menutup aplikasi email buatanannya sendiri, Inbox.

Selain aplikasi Google ada 3 aplikasi lain, yaitu Messenger, Facebook, dan Samsung Gallery. Uniknya, meskipun pengguna Facebook menurun, pengguna Messenger malah naik. Yah mungkin karena orang-orang menganggap feed Facebook tidak relevan dan gak penting ya. Yang penting bisa chatting/komunikasi. Sedangkan peningkatan Samsung Gallery diduga karena meningkatnya pembeli smartphone Samsung kelas menengah seperti seri Galaxy A yang iklannya gencar dimana-mana.

Nah bagaimana denganmu? Apakah kamu pengguna salah satu dari sepuluh aplikasi populer diatas? Jangan lupa bagikan pendapat dan pengalamanmu disini ya!

via Android Headlines

  Ada yang Aneh di Xiaomi Mi A3  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.