via Qualcomm

Google bisa dibilang cukup sukses menciptakan OS terbaru untuk ponsel dengan spesifikasi yang terbatas yakni Android Go, OS tersebut nyatanya berhasil menarik cukup banyak minat dari berbagai OEM ternama mulai dari Nokia, Xiaomi bahkan Samsung pun tertarik untuk menggunakannya.

Nah, karena bisa dibilang berhasil menarik minat dari beberapa OEM, Qualcomm yang mana merupakan produsen chipset terbesar untuk Android mencoba mengambil kesempatan tersebut dan berencana merilis sebuah prosesor yang simpel dan akan sangat membantu mengoperasikan OS tersebut!

Saat ini Qualcomm tampaknya sedang merancang prosesor QM215 atau Qualcomm Mobile 215 Platform yang mana tampaknya prosesor ini akan benar-benar terpisah dari seri Snapdragon. Sejauh ini belum ada informasi detail terkait prosesor terbaru milik Qualcomm tersebut, hanya saja beberapa sumber meyakini jika prosesor yang satu ini masih akan menggunakan skema yang mirip seperti seri Snapdragon 410 atau 425, dimana masih akan menggunkan quad-core CPU (kemungkinan inti Cortex-A53) dengan clock speed @1.3GHz dan juga GPU @650MHz.

Belum diketahui secara pasti apakah chipset tersebut akan menggunakan arsitektur lawas yakni 28nm sepeti seri Snapdragon 410 / 425 atau mungkin yang lebih baru. Tapi, Qualcomm kabarnya sudah merancang jika chipset ini bakal sangat cocok untuk ponsel yang punya 1GB / 2GB RAM (LPDDR3) dan internal 8GB / 16GB. Jika benar demikian, maka hal tersebut akan sangat sesuai dengan teori Android Go yang diperuntukan untuk ponsel yang benar-benar low-end.

So, bagaimana pendapatmu mengenai hal ini? Apakah Qualcomm nantinya akan berhasil meningkatkan performa ponsel Android Go yang saat ini dirasa kurang sempurna dengan chipset terbarunya? Silakan berikan pendapatmu di kolom komentar.

via WinFuture

  Redmi 7 Sudah Resmi!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.