Apa itu Android One — dan Apa Kelebihan Android One..?Seperti yang sudah kita ketahui bersama, bagi OEM yang berencana menggunakan Android murni cipataan Google untuk smartphone miliknya, maka OEM tersebut wajib menjalin kerjasama yang saat ini kita kenal sebagai program Android One, sedangkan untuk smartphone dengan spesifikasi terbatas maka ponsel tersebut wajib bergabung dalam program Android Go.

Nah, berdasarkan data terbaru yang diungkapkan oleh Google, ternyata kedua program tersebut bisa dikatakan berhasil dan sangat sukses menarik minat pasar smartphone! Untuk program Android One, data dari Google mengungkapkan jika program tersebut berhasil mendongkrak aktivasi perangkat hingga 250% selama setahun lalu, sedangkan untuk Android Go aktivasi perangkat per tahunnya hanya 50% saja.

Hal tersebut tentu saja tak terlepas dari dukungan banyaknya OEM yang berpartisipasi dalam kedua program milik Google tersebut. Sejauh ini sudah ada beberapa OEM ternama seperti LG, Motorola, Samsung, Xiaomi dan HMD Global (Nokia) yang sudah bergabung dalam program Android One (Samsung tidak bergabung dalam program Android One, tapi mereka merilis seri ponsel Android Go) dan khusus untuk 3 nama terakhir, ketiga OEM tersebut juga sudah merilis ponsel berbasis Android Go.

Tentu saja hal ini akan terus berlanjut selama beberapa tahun ke depan, mengingat kebutuhan smartphone saat ini terus meningkat dan besar kemungkinan akan ada lebih banyak OEM yang bergabung dengan dua program milik Google tersebut di masa yang akan datang.

via 9to5Google

  Inovasi Smartphone Paling Keren Saat Ini..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.