via Sammobile

Mungkin sebagian dari kamu tidak menyukai layar berlubang atau punch-hole seperti yang ada di seri Galaxy S10. Samsung menjawabnya dengan inovasi teknologi kamera depan terbaru. Kabarnya Samsung bakal menyiapkannya beberapa tahun lagi.

Teknologi ini akan memungkinkan kamera depan pada smartphone diletakkan di bawah layar, sehingga seakan-akan tersembunyi. Alhasil, layar akan kian memenuhi bagian depan smartphone dan tentunya tanpa notch ataupun punch-hole.

Vice President Samsung Display R&D group, Yang Byung-duk menyebut tidak tertutup kemungkinan pihaknya akan membuat smartphone dengan inovasi ini meskipun perlu waktu yang cukup lama untuk membuatnya.

“Meskipun tidak mungkin untuk membuatnya (sebuah smartphone dengan layar full screen) dalam 1-2 tahun mendatang, teknologi akan menuju ke satu titik dimana lubang kamera akan bisa disembunyikan, namun tidak mempengaruhi fungsi kamera.”

Niat Samsung ini sebenarnya bukan kali yang pertama. Pada Oktober tahun lalu, Samsung memang beniat membuat empat teknologi yang bisa membuat layar semakin besar dan kian memenuhi tampak depan smartphone. Keempatnya adalah sensor under-display fingerprint scanners, under panel camera sensors, haptic display technologies, dan in-display speaker.

Teknologi under-display fingerprint scanner sebenarnya sudah kita temui belakangan ini dengan adanya smartphone-smartphone buatan Tiongkok seperti Vivo NEX S dan V11 Pro. Smartphone buatan Samsung, Galaxy S10 juga sudah membuatnya meskipun kalah cepat. Begitupula dengan in-display speaker yang diperkenalkan LG di LG G8.

Sebenarnya pula ada juga inovasi motorized seperti yang digunakan Vivo NEX S, Vivo V15, ataupun konsep slider seperti di Oppo Find X dan Huawei Honor Magic 2. Dengan keduanya, kamera depan bisa dibuat tersembunyi di bodi smartphone.

Tapi kalau smartphone yang dibuat Samsung ini akan dirilis nantinya, maka kita akan melihat sebuah smartphone dengan bezel layar yang benar-benar tipis, serta tanpa notch.

Gimana komentar kamu?

via The Verge

  Review + Giveaway Headphone Bluetooth!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.