Fitur Baru Android Q

Build pertama Android Q dirilis oleh Google pada pertengahan bulan lalu dan hari ini, bagi kamu pemilik ponsel Android buatan Google yakni Pixel series (Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3 dan Pixel 3 XL), maka kamu bisa mencoba Android Q Beta build ke 2 dan tentu saja ada beberapa pembaruan menarik yang hadir pada update kali ini.

Ada beberapa hal baru yang sifatnya minor dan juga 2 hal baru yang tampaknya akan jadi inti dari build Android Q Beta 2 yakni Bubble serta foldable emulator. Nah, buat kamu yang penasaran akan keduanya, DroidPoin akan coba menjelaskan kedua hal baru tersebut!

Pertama-tama kita akan bahas dulu mengenai Bubble, kira-kira menurutmu apa itu “bubble”? Bubble disini sebenarnya mengandung makna tidak berbeda jauh dengan makna yang sesungguhnya yakni gelembung. Mengapa?

via Android Developer

Simpelnya begini, fitur bubble ini akan memunculkan beberapa gelembung percakapan seperti gambar di atas. Jadi, jika saat ini UI untuk notif dari berbagai aplikasi sosial media (Whatsapp, FB Messenger dan yang lainnya) / perpesanan biasa kamu hanya mampu menampilkan satu notif (chat) setiap kali ada pesan yang masuk. Maka dengan adanya fitur bernama Bubble di Android Q nanti, kamu bisa melihat (memunculkan) UI baru berupa notifikasi simple mengenai percakapan dari berbagai sosial media dan dalam notifikasi tersebut kamu bisa melihat detail chat, membalas chat secara cepat, serta menambahkan kontak orang (penerima).

Yang kedua adalah Foldable emulator, fitur tersebut memungkinkan kamu menguji terlebih dahulu berbagai aplikasi yang akan dirilis untuk perangkat 7.3-inch atau 8-inch sebelum dan sesudah terlipat.

Lalu sisanya hanyalah perbaikan minor seperti yang sudah DroidPoin singgung sebelumnya seperti pratinjau konten melalui API, mengatur mikrofon mana yang akan digunakan saat mengambil rekaman audio (untuk perangkat dengan lebih dari satu mic), dan API publik baru yang gratis.

So, bagi kamu pemilik Google Pixel series (Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL, Pixel 3 dan Pixel 3 XL), silakan cek ketersediaan pembaruan tersebut pada perangkat kamu yah dan pastikan kamu sudah tergabung dalam program Android Beta untuk Pixel atau kunjungi halaman sumber yang nanti DroidPoin sediakan di bawah artikel.

So, bagaimana pendapatmu mengenai Build Android Q Beta 2? Silakan, berikan pendapatmu mengenai update tersebut di kolom komentar

  12+ Hal yang Perlu Kamu Tahu Tentang Edge Chromium  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.