Sehari sebelum Samsung mengadakan event perilisan Galaxy A terbaru pada tanggal 10 April lalu, Qualcomm ternyata mengadakan sebuah event juga dan pada event tersebut mereka merilis 3 varian baru prosesor mid-end andalannya yakni Snapdragon 665, 730 serta 730G.

Nah, buat kamu yang penasaran dengan ketiga prosesor tersebut, dikesempatan kali ini DroidPoin akan coba memberikan detail lengkapnya:

Snapdragon 665

Prosesor Qualcomm yang satu ini bisa dikatakan merupakan suksesor dari Snapdragon 665. Pasalnya seri Snapdragon 660 sudah cukup berumur dan saat ini merupakan saat yang tepat bagi Qualcomm untuk merilis prosesor baru yang ditujukan untuk OEM yang ingin menghadirkan ponsel dengan performa tinggi tapi punya harga yang terjangkau.

Jadi jangan heran jika ke depan akan ada banyak sekali ponsel yang menggunakan chipset Qualcomm yang satu ini, karena Snapdragon 665 memang sangat cocok dan punya kriteria yang sesuai untuk menjadi pengganti Snapdragon 660, bahkan dibandingkan dengan seri Snapdragon 670.

via XDA

Tidak ada banyak kelebihan yang ditawarkan oleh Qualcomm melalui Snapdragon 665, hanya saja mereka memberikan peningkatan signifikan disektor AI (yang kabarnya 2x jauh lebih baik), lalu ada juga peningkatan pada segi grafis (thanks atas Adreno 610) dan dukungan untuk triple kamera dengan resolusi hingga 48MP.

Oh iya, Snapdragon 665 sudah menggunakan teknologi 11nm (Snapdragon 660 masih mengadopsi teknologi 14nm), jadi jangan heran jika ponsel yang menggunakan prosesor Qualcomm yang satu ini bakal punya peningkatan daya tahan yang cukup lumayan. Qualcomm mengklaim jika ponsel yang menggunakan ponsel ini bakal punya efisiensi daya yang jauh lebih baik sekitar 20% dibandingkan dengan generasi prosesor yang sebelumnya.

 

Snapdragon 730

Untuk chipset Snapdragon 730, Qualcomm memberikan sesuatu yang menarik nih pada prosesor yang satu ini. Ini merupakan chipset mid-end Qualcomm pertama yang benar-benar persis seperti seri chipset flagship miliknya loh!

Sama halnya seperti Snapdragon 665, prosesor Qualcomm yang satu ini juga bakal meningkatkan performa AI pada ponsel kamu hingga 2x lipat dan kehadiran AI di chipset Qualcomm yang satu ini bakal hadir menyeluruh diberbagai sektor berkat dukungan dari Qualcomm AI Enginge generasi ke-4.

Berikut ini perbandingan lengkap antara Snapdragon 710 vs 730:

via XDA

Berdasarkan data dari Qualcomm, Snapdragon 730 bakal menghadirkan performa yang jauh lebih baik sebesar 35% (karena sudah menggunakan CPU Kryo 470) dan bukan hanya performa saja, konsumsi daya Snapdragon 730 ternayta jauh lebih hemat sekitar 20% dibandingkan Snapdragon 710.

 

Snapdragon 730G

Perlu kamu tahu, ada 2 varian Snapdragon 730 yang dirilis oleh Qualcomm yakni Snapdragon 730 dan 730G. Kira-kira apa perbedaannya?

Berdasarkan informasi yang DroidPoin peroleh dari Qualcomm, code “G” pada Snapdragon 730G menunjukan jika chipset Qualcomm yang satu ini ditujukan khusus untuk kelas gaming dan menurut Qualcomm, mereka berhasil menerapkan beberapa fitur game menarik seperti “Wi-Fi Latency Manager,” “Jank Reducer,” dan juga “Anti-Cheating Extensions.”

Bukan hanya berfokus pada fitur saja, performa yang diberikan Qualcomm untuk chipset Snapdragon 730G pun meningkat cukup lumayan yakni sebesar 15% (jika dibandingkan dengan Snapdragon 730) dan chipset Qualcomm yang satu ini kabarnya mampu menghadirkan perekaman video Super Slow-mo (960fps) dalam resolusi HD.

Intinya, Snapdragon 730G merupakan chipset yang sama seperti seri Snapdragon 730 hanya saja GPU pada chipset ini sudah overclocked dan ada beberapa dukungan untuk fitur gaming yang dibawa oleh Qualcomm.

  Xiaomi Baru Lawan Pixel Lama  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.