Seperti yang kita ketahui bersama, minggu kemarin Qualcomm resmi mengumumkan 3 buah chipset terbaru miliknya yakni Snapdragon 665, Snapdragon 730 dan juga Snapdragon 730G. Ketiganya menghadirkan cukup banyak peningkatan, misalnya saja pada sektor fotografi, performa hingga beberapa fitur gaming loh!

Nah, tak lama setelah diresmikan, ketiga prosesor tersebut mampir ke salah satu situs benchmark ternama yakni AnTuTu dan buat kamu yang penasaran gimana hasil benchmark dari ketiganya, berikut ini adalah detail lengkapnya:

via Gizmochina

Pertama kita bahas dulu varian Snapdragon 730G, dari data di atas kita bisa melihat jika chipset Qualcomm yang satu ini punya total skor paling tinggi yakni 222.538 poin, dan jika dibandingkan dengan yang lainnya bahkan varian 730 (standar), perbedaannya cukup jauh yakni sekitar 10.000 poin. Hal ini sangat wajar yah, pasalnya Snapdragon seri “G” merupakan chipset yang dikhusukan untuk Gaming sehingga performanya akan terdongkrak cukup lumayan dan juga ditambahkan beberapa fitur menarik khusus untuk game seperti Wi-Fi Latency Manager, Jank Reducer, dan juga Anti-Cheating Extensions.

Yang kedua adalah Snapdragon 730, jika dibandingkan dengan varian Snapdragon 710 terdapat peningkatan yang amat sangat drastis diseluruh sektor entah itu CPU, GPU dan yang lainnya. Tapi tetap saja, seri prosesor ini masih kalah jika dibandingkan dengan seri “G” dimaan chipset Snapdragon 730 cuma punya total skor 213.113 poin.

Yang terakhir dan yang paling menarik terdapat pada hasil benchmark Snapdragon 665. Prosesor Qualcomm yang satu ini kabarnya merupakan suksesor dari Snapdrgon 660. Tapi, berdasarkan data dari benchmark di atas, performanya justru berada di bawah Snapdragon 660 loh! Chipset Snapdragon 665 hanya memperoleh total skor 125.092 poin dan jika kita bandingkan dengan chipset Snapdragon 660 perbedaannya cukup mencolok, ada perbedaan hampir 20.000 poin disana (Snapdragon 660 mendapatkan 144.742 poin) dan sektor CPU yang tampaknya jadi kambing hitam dalam kekalahan ini.

Tapi kamu gak perlu khawatir, karena skor benchmark di atas merupakan skor dari chipset yang masih dalam tahap pengembangan / prototype. Tentu saja nantinya akan ada perbaikan dari pihak Qualcomm ketika chipset tersebut tertanam di ponsel-ponsel yang akan dirilis beberapa waktu ke depan.

Tapi ada hal menarik nih gaes, hasil di atas akan sesuai jika kita melihat hasil benchmark dari Samsung Galaxy A80 yang pernah DroidPoin share beberapa waktu lalu dimana ponsel tersebut memakai chipset Snapdragon 730, maka hasil benchmarknya tidak akan berbeda terlalu jauh baik itu versi prototype (213.113 poin) ataupun versi komersialnya (207.082 poin).

So, bagaimana tanggapanmu akan hal ini? Silakan bagikan di kolom komentar.

via Gizmochina

  Secepat Apa Smartfren 5G..??  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.