Dengan dirilisnya Xiaomi Redmi Note 7 di Indonesia, ada kabar baik nih buat kamu yang sudah mengincar ponsel Android One milik Xiaomi yakni Mi A2. Pasalnya ponsel tersebut turun harga sampai 30% lebih loh dan kini Mi A2 rata-rata dibanderol di Online Store dengan harga mulai dari Rp 2,2-2,5 jutaan saja (awalnya berada dikisaran Rp 3 jutaan)!

Jadi, mana yang sebaiknya kamu pilih? Xiaomi Mi A2 atau Redmi Note 7?

Nah, jika kamu bingung pilih yang mana, pada kesempatan kali ini DroidPoin akan coba memabandingkan keduanya. So, sudah cukup basa-basinya, berikut ini adalah perbandingkan keduanya:

  • Bukan spesifikasi, tapi ini masalah harga!
via Tech2

Jujur saja, keduanya hadir dengan spesifikasi yang identik dimana sama-sama menggunakan chipset Snapdragon 660 yang dipadukan dengan 3/4 GB RAM dan juga internal bervariasi, jadi bisa dipastikan performanya tak akan berbeda terlalu jauh. Tapi yang namanya ponsel seri baru, pasti akan hadir dengan peningkatan misalnya pada sektor kamera, baterai dan juga yang lainnya

Balik lagi ke masalah performa, dengan duit Rp 2,2 jutaan kamu akan mendaptkan Mi A2 dengan konfigurasi 4/64GB, dan itu jauh lebih menjanjikan jika dibandingkan dengan Redmi Note 7. Pasalnya Redmi Note 7 yang dijual di Indonesia dengan varian 3/32 GB dibanderol dengan harga mulai dari Rp 2.099.000 (tanpa promo yah).

So, bisa disimpulkan jika Mi A2 jauh lebih menarik dari Redmi Note 7 dalam masalah harga tanpa harus mengesampingkan spesifikasi kedua ponsel.

 

  • Desain terkini (waterdrop notch) vs desain lawas (full view klasik 18:9)
via Toni Vicente

OEM ponsel berlomba-lomba menghadirkan desain layar yang oke untuk smartphone mereka, mulai dari konsep fullscreen klasik dengan rasio 18:9, lalu muncul berbagai macam notch atau poni, hingga akhirnya mereka berhasil menciptakan sebuah ponsel  yang benar-benar fullscreen dengan mekanisme pop-up kamera atau slider atau yang lainnya.

Tapi, dari berbagai konsep layar yang ada, tujuan dari berbagai OEM tersebut hanya satu yaitu menghasilkan rasio layar yang jauh lebih luas sehingga dapat memanjakan user dalam menggunakan ponsel dan jika kita bandingkan antara Mi A2 dan Redmi Note 7, maka Redmi Note 7 punya bahasa desain yang lebih oke karena ponsel tersebut sudah menggunakan konsep waterdrop notch dan juga body yang terbuat dari kaca sehingga kesan premium lebih terasa (dibandingkan dengan Mi A2 yang punya rasio layar 18:9 atau fullscreen klasik dengan body dari metal).

 

  • Kamera dan baterai Redmi Note 7 yang lebih oke (walau cuma sedikit)
via Telecomtalk

Seperti yang sudah kita singgung tadi dibagian spesifikasi, walaupun hadir dengan spesifikasi yang terbilang identik, tapi tetap saja keduanya punya perbedaan dan itu terletak di kamera serta baterai.

Untuk kamera, mungkin kamu sudah banyak mendengar dari berbagai reviewer jika kamera Redmi Note 7 itu “bla bla bla bla bla”. Tapi sesungguhnya kamera pada sebuah ponsel itu tergantung penggunanya, jika kamu adalah seorang user biasa yang hanya menggunakan kamera ponsel untuk jepret sana dan sini lalu upload di sosmed, mungkin tidak akan terasa perbedaannya. Okelah, untuk kamera utama Redmi Note 7 kita anggap unggul karena hadir dengan teknologi terbaru dan kamera yang selevel dengan ponsel flagship. Lalu bagaimana kamera selfie?

Rasa-rasanya Redmi Note 7 masih kalah kalau untuk urusan kamera selfie, apalagi Mi A2 menggunakan sensor SONY IMX376 yang punya dukungan AI-beautify dan juga resolusi jauh lebih besar. Jadi, kita anggap saja di kamera ini Redmi Note 7 unggul sedikit saja.

Lalu masalah baterai, ummmmmm jelas Mi A2 kalah di sektor ini (walau gak telak-telak amat sih). Masalah utamanya terletak dikapasitas baterai Mi A2 yang terbilang cukup kecil yakni hanya 3010 mAh (dibandingkan dengan Redmi Note 7 yang punya baterai 4000 mAh) dan tak hanya kapasitas, Redmi Note 7 didukung oleh teknologi pengisian daya cepat milik Qualcomm®️ yakni Quick Charge™️ 4 yang pastinya akan membuat pengisian daya pada ponsel Redmi Note 7 jauh lebih cepat.

 

  • It’s all about OS (Android One = Stock Android Google Pixel)

Jujur saja, saya sangat suka sekali dengan pure Android atau sering kita dengar sebagai Stock Android yang ada pada ponsel Google dan karena Mi A2 merupakan bagian dari program Android One, maka bisa dipastikan jika ponsel tersebut menggunakan OS yang sama seperti pada ponsel milik Google. Bukannya saya membenci MIUI, tapi entah kenapa stock Android ini sudah seperti hal yang sulit tergantikan di mata saya. Simpel, cepat dan user friendly tentunya.

So, jika kamu tidak masalah dengan MIUI, ya silahkan ambil Redmi Note 7. Tapi kalo kamu adalah user yang suka sekali dengan stock Android, yah Mi A2 adalah pilihan yang paling tepat buat kamu.

Kesimpulan

Akhirnya sampai juga ke tahapan kesimpulan! Jadi setelah membahas kesana dan kemari, bisa disimpulkan jika harga pasti akan sangat berpengaruh pada pilihan yang akan kamu tentukan, apalagi keduanya punya spesifikasi yang identik dan juga kelebihan masing-masing. Selain harga OS juga ikut andil dalam menentukan pilihan diantara Redmi Note 7 dan Mi A2.

Kalau kamu adalah user yang suka dengan stock Android seperti pada ponsel Pixel ya silahkan pilih Mi A2 dengan konsekuensi “desain lawas” serta kamera yang terbilang lumayan lah (walaupun berada satu step dibawah kamera Redmi Note 7). Tapi kalau kamu user yang tidak mempermasalahkan OS, ya silahkan pilih Redmi Note 7 saja dengan berbagai kelebihan yang dimilikinya, tapi dengan banderol harga yang sedikit lebih mahal walaupun spesifikasi keduanya tak berbeda jauh.

Jadi mana yang bakal kamu pilih, Xiaomi Mi A2 atau Redmi Note 7? Silakan beritahukan DroidPoin pilihan kamu di kolom komentar.

  27+ Fitur Baru iOS 13, Wajib Tahu!  

NB: Subscribe channel Kepoin Tekno agar tidak ketinggalan berbagai info menarik dan bermanfaat seputar teknologi, setiap hari.